Sepertinya Ada Hal Aneh soal EKG dan Tasbih di Foto Setnov

Kamis, 28 September 2017 – 05:45 WIB
Ketua DPR Setya Novanto terbaring lemas saat dijenguk anggota Komisi III Endang Srikanti. Foto: source for JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Warganet menggunjing foto Ketua DPR Setya Novanto di Rumah Sakit Premier Jatinegara yang tengah dijenguk legislator Golkar Endang Srikarti. Sebelumnya, sosok Endang dalam foto itu sempat disangka istri Novanto, Deisti Astriani Novanto.

Namun, foto itu tetap mengundang kontroversi lantaran tampak ganjil. Bahkan, keganjilan itu membuat warganet meragukan sakit yang dialami tersangka kasus korupsi e-KTP tersebut.

BACA JUGA: Hakim Tak Mau KPK Putar Sadapan soal Setnov, Nih Alasannya

Sebagai contoh, alat elektrokardiogram (EKG) yang terlihat dalam foto itu tak menunjukkan aktivitas janjung Novanto. EKG adalah grafik yang dibuat oleh sebuah elektrokardiograf yang merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu.

“EKG-nya ada, denyut jantungnya terlihat 90, namun yang lebih tahu pasti parah atau tidaknya tentu harus dokter yang merawat karena tergantung dari diagnosis yang ditegakkan,” kata salah satu dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah yang enggan disebut namanya, Rabu (27/9).

BACA JUGA: Setnov Dipasangi Selang Oksigen, KPK Tak Langsung Percaya

Merujuk data American Heart Association, denyut jantung istirahat rata-rata pada anak, dewasa dan manula adalah 60-100. Artinya, denyut jantung Novanto pada monitor EKG yang tertera angka 90 masih dalam batas normal. Namun hal itu belum terkonfirmasi secara medis.

Komentar warganet lainnya yang nyinyir adalah soal tasbih hitam yang digenggam Novanto sambil terbaring. Sementara para penjenguk yang juga teman sejawatnya tampak terlihat tersenyum di samping Novanto, bahkan berswafoto.(ika/JPC)

BACA JUGA: Keseriusan DPP PG Desak Novanto Mundur Harus Dibuktikan

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPP Golkar Desak Novanto Mundur, Doli Curiga Ada Permainan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler