Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf di Labuan Bajo, Ini Imbauan Penting Menteri Hadi Tjahjanto

Kamis, 14 September 2023 – 21:16 WIB
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikah tanah wakaf untuk masjid dan sekolah di Labuan Bajo, Kamis (14/9). Foto: Dokumentasi Humas Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, MANGGARAI BARAT - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus menggiatkan penyertifikatan tanah, termasuk terhadap tanah wakaf dan aset institusi pendidikan.

Hal ini dilakukan Kementerian ATR/BPN untuk memberikan jaminan keamanan atas tanah-tanah di Indonesia.

BACA JUGA: Kementerian ATR/BPN Siapkan Permen Baru Untuk Berantas Mafia Tanah

Seperti yang baru saja dilakukan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (14/9).

Menteri Hadi Tjahjanto menyerahkan sebanyak lima sertifikat tanah wakaf untuk masjid dan satu sekolah di Labuan Bajo.

BACA JUGA: Menteri ATR/BPN Serahkan 10 Ribu Sertifikat di Kepri, 1700 untuk Masyarakat Pesisir

“Hal ini dilakukan demi memberi rasa aman bagi seluruh umat beragama untuk menuntut ilmu dan menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing-masing,” ujar Menteri Hadi di lokasi penyerahan sertifikat tanah wakaf di Masjid Nurul Fallah Waemata, Labuan Bajo.

Dia juga terus mengimbau kepada para wakif atau masyarakat lainnya yang terdapat tanah wakaf padanya, segera dilaporkan ke Kantor Pertanahan terdekat.

"Tolong diingatkan juga pada saudara-saudaranya," pesan mantan Panglima TNI.

Dalam kesempatan yang sama, Ahmad Akhsan sebagai perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Manggarai Barat mengungkapkand di wilayahnya pernah beberapa kali terjadi klaim atas tanah wakaf yang belum disertifikatkan.

Persoalan tersebut lantas menimbulkan konflik antara para pengurus rumah ibadah dengan pihak-pihak yang mengajukan klaim tersebut.

"Oleh karena itu, kami datangi satu per satu untuk diajukan, disertifikatkan supaya masjid yang ada di Manggarai Barat ini memiliki kepastian hukum," ungkap Ahmad Akhsan.

Acara penyerahan sertifikat tanah wakaf tersebut tudut dihadiri Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake.

Hadir juga mendampingi Menteri Hadi, Sekjen Kementerian ATR/BPN Suyus Windayana, Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah Yulia Jaya Nirmawati.

Selain itu juga hadir Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN, Kepala Kanwil BPN NTT Hiskia Simarmata, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat, dan sejumlah Kepala Kantor Pertanahan di NTT. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler