Serap Aspirasi Generasi Z soal Rekrutmen Kerja, Gemala Bakal Sampaikan kepada Pramono-Rano

Senin, 14 Oktober 2024 – 00:00 WIB
Pasangan Cagub-Cawagub Jakarta Pramono Anung-Rano Karno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan Perempuan Muda Jakarta Menyala (Gemala) menyerap aspirasi para generasi z dalam sebuah acara di Ribbon Coffee & Eatery, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (13/10).

Nantinya, aspirasi dari para generasi z yang menjadi peserta acara akan disampaikan Gemala ke Cagub-Cawagub Jakarta nomor urut tiga Pramono Anung dan Rano Karno atau Doel.

BACA JUGA: Jokowi, Prabowo, Gibran Melakukan Pertemuan Mendadak di Solo

Ketua Bidang Pemuda Tim Pemenangan Pramono-Rano, Agustina Hermanto atau Tina Toon menyebut satu aspirasi yang disampaikan generasi z dalam acara pada Minggu ini ialah soal pekerjaan.

Politikus PDI Perjuangan itu menyebut para generasi z ingin ada penyetaraan gender dalam rekrutmen tenaga kerja di kantor pemerintahan.

BACA JUGA: PSI Sebut Pramono-Rano Karno Unggul Telak Lawan Ridwan Kamil-Suswono

“Kaya misalnya tadi, mereka merasa bahwa tadi yang dari tenaga kesehatan, mereka maunya bawa, maunya rata, nih. Jangan yang perempuan ditaruhnya di mana dan yang laki taruhnya di mana," kata Tina ditemui setelah acara, Minggu.

Selain itu, kata legislator DPRD Jakarta itu, para generasi z juga menyampaikan aspirasi tentang pentingnya representasi perempuan di bidang politik.

BACA JUGA: Perempuan Mantan Caleg Sebarkan Video Porno

“Mereka ada peduli dan mereka sekarang sadar bahwa kepentingan mereka juga ada kaitan dengan politik," ungkap Tina.

Pendiri Gemala Putri Jasmine mengungkapkan pihaknya hadir karena masih banyak aspirasi anak-anak muda di Jakarta yang belum terealisasi. 

Misalnya, soal lapangan pekerjaan yang masih sulit didapat generasi z. Gemala mencatat sebanyak sepuluh juta anak muda di Jakarta masih menganggur.

"Terus juga untuk pelatihan-pelatihan UMKM yang kurang, diberikan bahan pokok yang murah, dan segala macamnya," lanjut Jasmine. 

Dia menyatakan program Pram-Doel ke depan sebenarnya banyak menyentuh kegelisahan anak muda, termasuk dari sisi kaum perempuan.

Semisal, kata Jasmine, soal keamanan para generasi z yang akan dikuatkan dengan program penempatan kamera pengintai hingga tingkat kelurahan. 

"Itu mungkin bisa menjadi salah satu bentuk konkret untuk menolong isu perempuan dan juga anak-anak muda di kedepannya," terang Jasmine.

Diketahui, dalam diskusi Gemala dihadiri oleh Inisiator Gemala Niha Nihaya, Wakil Ketua DPRD Jakarta, Imah Mahdiah, hingga Eks Politisi Partai Golkar Wanda Hamidah. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahasiswi Unsoed Jadi Korban Eksploitasi Seksual


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler