Setjen DPR Gelar Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Baiturrahman Senayan

Senin, 11 Juli 2022 – 22:11 WIB
Setjen DPR RI merayakan Iduladha 1443 H dengan penyembelihan sapi di halaman Masjid Baiturrahman, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/7). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, KEBAYORAN BARU - Sekretariat Jenderal DPR RI bersama MPR dan DPD menyembelih hewan kurban untuk merayakan Iduladha 1443 H di halaman Masjid Baiturrahman, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/7). 

Pelaksana Tugas Harian (Plh) Sekretaris Jenderal DPR RI Sumariyandono mengatakan penyembelihan hewan kurban bersama Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) MPR dan DPD pertama kali dilakukan Setjen DPR. 

BACA JUGA: Ini Alasan Setjen dan BURT DPR Batalkan Tender Gorden

Dono, sapaan akrab Sumariyandono, berharap kegiatan bersama ini bisa terus dilakukan setiap tahunnya.

“Saya mewakili pimpinan DPR RI secara khusus berharap Iduladha ini dapat meningkatkan iman dan takwa kepada Allah serta makin mempererat tali silaturahmi segenap keluarga DPR/MPR/DPD maupun masyarakat sekitar komplek parlemen ini,” katanya.

BACA JUGA: Gelar Halalbihalal, DWP Setjen DPR Susun Rencana Ini

Menurut Deputi Bidang Administrasi Setjen DPR RI tersebut, penyembelihan hewan kurban jadi bentuk ketaatan, kesabaran, dan keikhlasan dalam memenuhi perintah Allah. 

Secara perspektif sosial kebangsaan dapat dimaknai sebagai momentum memupuk toleransi untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan. 

BACA JUGA: Selamat, Setjen DPR RI Kembali Mendapat Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi

"Daging kurban boleh dinikmati semua kalangan, tidak terbatas untuk umat muslim saja. Ini menunjukkan ibadah kurban adalah ibadah yang bersifat inklusif bukan eksklusif. Inklusivitas sangat penting menumbuhkan semangat toleransi umat beragama,” kata Dono.

Dimensi sosial Iduladha mengajarkan untuk berbagi kepada sesama, khususnya yang tidak mampu. 

"Ajaran berbagi syarat dengan pesan moral berdimensi sosial yang relevan mengatasi tren menguatnya karakter individualis dan apatisme sebagai efek samping dalam perkembangan masyarakat modern saat ini,” ungkap Dono. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahman Suratna menyampaikan jumlah hewan kurban yang disalurkan 17 ekor sapi dan 12 ekor kambing. 

"Alhamdulillah tahun ini penerima hewan kurban meningkat, semoga peningkatan ini menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah,” ungkap Ratno, sapaan akrab Suratna.

Adapun 17 sapi yang disembelih adalah pemberian Wakil Ketua DPR RI (Sufmi Dasco Ahmad), Komisi IV DPR RI, Sekjen DPR RI, Wakil Ketua MPR (Lestari Mutya), Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi NasDem, Fraksi PKS dan Fraksi Gerindra, Karo Umum Setjen DPR RI (Rudi Romansyah), Biro BMN, Korpri DPR dan Korpri DPD. 

Sementara 12 kambing merupakan pemberian dari Wakil Ketua MPR RI (Arsul Sani), Koperasi Pegawai Sekretariat Jenderal, Biro Pemberitaan Parlemen, Bagian Gedung dan Instalasi DPR, Sekretariat Komisi VII DPR RI, beberapa karyawan dan partisipan Bank Syariah Indonesia (BSI). (mrk/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler