Shan Hai Map Perkenalkan Biomassa di Indonesia Renewable Energy Investment Summit

Kamis, 31 Agustus 2023 – 12:53 WIB
PT Shan Hai Map bakal memperkenalkan biomassa dalam event Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023. Foto: dok Shan Hai Map

jpnn.com, JAKARTA - PT Shan Hai Map bakal memperkenalkan biomassa dalam event Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023.

Ketua panitia penyelenggara event Lina mengatakan energi biomassa adalah sumber energi terbarukan yang berasal dari bahan organik yang dapat diperbarui, seperti tanaman, hewan serta limbah.

BACA JUGA: Guru Besar FTUI Kembangkan Produk Berbahan Biomassa untuk Kemajuan Industri Herbal

Biomassa dapat dikonversi menjadi berbagai macam produk, termasuk listrik, panas dan bahan bakar.

Menurutnya, lewat acara akan digelar di grand ballroom Hotel Pullman Jakarta pada 13-14 November 2023 mendatang, Shan Hai Map akan memaparkan pentingnya energi biomassa yang telah digunakan selama berabad-abad untuk menghasilkan panas dan cahaya.

BACA JUGA: Produksi Energi Bersih, PLN Group Manfaatkan Co-firing Biomassa untuk Gantikan Batu Bara

"Energi biomassa telah menjadi semakin populer sebagai sumber energi alternatif untuk bahan bakar fosil. Hal ini karena energi biomassa memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan bakar fosil," bebernya dalam keterangan di Jakarta, Kamis (31/8).

Lina menjelaskan beberapa keunggulan energi biomassa adalah sumber energi terbarukan, yang berarti dapat diperbarui tanpa habis, tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim, dan bisa digunakan untuk menghasilkan berbagai macam produk, yang dapat membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

BACA JUGA: Upaya Kurangi Emisi Karbon, Biomassa Kayu Jadi Salah Satu Pilihan

Saat ini, energi biomassa telah menjadi sumber energi yang semakin penting di dunia.

"Pada 2019, energi biomassa menyumbang sekitar 10 persen dari produksi listrik global. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat dimasa depan, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan sumber energi terbarukan," katanya.

Lina mengatakan ada banyak cara untuk menggunakan energi biomassa, salah satu cara yang paling umum adalah untuk membakar biomassa untuk menghasilkan panas atau listrik.

Biomassa juga dapat dikonversi menjadi bahan bakar cair, seperti biodiesel dan bioetanol. Bahan bakar cair ini dapat digunakan untuk transportasi, mesin industri dan mesin pertanian.

Energi biomassa adalah sumber energi yang bersih, terbarukan dan efisien. Energi biomassa dapat membantu mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil dan mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan.

"Energi biomassa adalah bagian penting dari masa depan energi dunia seperti untuk pembangkit listrik tenaga biomassa, pemanas biomassa, mobil bakar biodiesel, mesin pertanian berbahan bakar bioetanol, pupuk organik, dan kompos," katanya.

Selain manfaat lingkungan, pengembangan energi biomassa juga berpotensi mendukung perekonomian dengan menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan industri. Namun, untuk mengoptimalkan potensinya, investasi dalam riset dan teknologi yang lebih efisien tetap dibutuhkan.

Maka dari itu, PT Shan Hai Map melihat bahwa dengan mendorong energi terbarukan maka dapat menjaga lingkungan hijau disuatu negara, kestabilan suhu bumi sehingga mencegah terjadinya perubahan iklim.

"Shan Hai Map akan menyelenggarakan event yang bertemakan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan diadakan pada 26-27 Oktober di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat," jelas Lina.

Pada event ini, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran “Energi Terbarukan” di kehidupan manusia di kehidupan sekarang, serta untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang energi terbarukan.

"Tidak hanya memajukan perekonomian Indonesia, tetapi juga berharap dengan mendorong energi terbarukan ini dapat lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi pencemaran udara dan kerusakan lingkungan akibat eksplorasi," katanya.

Jika ada investor yang tertarik dan merupakan salah satu pelaku bisnis yang berkaitan dengan bidang energi terbarukan, dapat mendaftarkan diri anda dan perusahaan anda melalui link dan email https://forms.gle/CdNueFyrUJ7GrW5S7 event@shmap-tax.com.


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler