Shareef Abdur-Rahim Bersiap Jadi Asisten Pelatih

cedera Lutut Tak Kunjung Pulih

Kamis, 25 September 2008 – 12:36 WIB

Hakeem Olajuwon dan Kareem Abdul-Jabbar adalah dua pemain muslim paling legendaris di NBASetelah mereka, Shareef Abdur-Rahim adalah yang paling top

BACA JUGA: Kualifikasi Jadi Lebih Penting

Sayang, setelah 12 tahun, "Reef" terpaksa pensiun karena cedera lutut yang tak kunjung pulih.

Penggemar berat NBA pasti tahu siapa itu Shareef Abdur-Rahim
Pemain 31 tahun itu sudah 12 tahun malang melintang di liga paling bergengsi

BACA JUGA: Jankovic Buka Kesempatan Lagi

Dia adalah bagian dari angkatan 1996, salah satu angkatan terbaik dalam sejarah NBA.

Reef, julukan Shareef, terpilih di urutan tiga NBA Draft 1996, di belakang Allen Iverson dan Marcus Camby
Anggota lain kelas itu adalah Stephon Marbury.

Sebelum masuk NBA, Reef sempat menjadi bintang di level NCAA

BACA JUGA: Awal Manis Sony di Tiongkok

Membela sekolah papan atas University of California Berkeley, Reef menunjukkan kemampuan otakMeski hanya setahun kuliah sebelum loncat ke NBA, Reef punya IP 3,5!

Mengawali karir sebagai top scorer Vancouver Grizzlies, dia kembali jadi andalan di Atlanta Hawks dan Portland Trail BlazersPuncak karirnya dicapai begitu masuk tahun 2000Tahun itu, dia terpilih masuk Dream Team, membela Amerika Serikat di Olimpiade SydneyBersama Jason Kidd dkk, Reef sukses meraih medali emas.

Kemudian, bersama Atlanta Hawks pada musim 2001-2002, power forward bertinggi badan 206 cm itu makin merajalelaSaking garangnya, dia sempat mencetak 50 poin dalam satu pertandinganSebagai hadiah, dia terpilih masuk NBA All-Star 2002

Dalam tiga tahun terakhir, Reef membela Sacramento KingsMeski performanya mulai menurun (seiring dengan memburuknya kondisi lutut kanan), dia tetap mencatat perolehan 18,1 poin dan 7,5 rebound per game selama karirnyaDia juga menjadi pemain termuda keenam dalam sejarah yang mampu mencetak 10 ribu poin (sekarang total 15 ribu lebih).

Sayang, perjalanan karirnya berakhir tidak sesuai harapanKemarin WIB, setelah 18 bulan berkutat dengan masalah lutut, Reef memutuskan untuk pensiunPadahal, kontraknya dengan Kings masih dua tahun lagi, bernilai di kisaran USD 6 juta per musim

Setelah dua kali operasi lutut, kondisinya tak kunjung membaikDalam beberapa bulan terakhir dia berusaha untuk memulihkan kondisiHasilnya tidak maksimalDia pun tak punya pilihan lain.

"Saya telah mencoba memulihkan diri dalam 1,5 tahun terakhirSekarang, saya telah bisa menerima bahwa saya tidak mungkin lagi kembali ke kondisi dan level yang dibutuhkan untuk bermain di NBA," ucapnya lewat pernyataan resmi tim"Seberat apa pun kenyataan yang harus saya hadapi, itulah realitanya," tegas Reef.

Meski pensiun dari bermain, Reef tidak akan meninggalkan Kings dan NBA begitu sajaGeoff Petrie, manajer Kings, mengatakan bahwa Reef akan dipertahankanMungkin sebagai asisten pelatih.

"Mewakili tim, saya ingin berterima kasih kepada Shareef atas segala kontribusinya untuk Kings dan NBA, baik di dalam maupun luar lapanganDia punya karir yang patut dicontoh, baik sebagai pemain maupun anggota masyarakat," kata Petrie

"Sayang karirnya harus diakhiri dengan cederaMeski demikian, tidak ada yang pernah meragukan upayanya, komitmennya, dan keinginannya untuk meraih yang terbaikTujuan kami sekarang adalah menemukan peran baru untuk Shareef, supaya dia bisa memulai babak baru dalam karir profesionalnya," lanjutnya.

Sebagai manusia, Reef memang patut menjadi contohAnak kedua dari 12 bersaudara pasangan Aminah dan William Abdur-Rahim itu dikenal sebagai seseorang yang selalu rendah diriDia dikenal tak pernah merokok dan minum, taat menjalani agamaMengikuti ajaran ayahnya, seorang imam di Atlanta, negara bagian Georgia.

"Anda tidak akan pernah menemukan orang yang lebih rendah hati dan menghargai orang lain dari Shareef," puji Stu Jackson, mantan general manager Vancouver Grizzlies yang sekarang bekerja di NBA, lewat StLouis Post Dispatch(aza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daud Cino Jordan, Sang Pendobrak Keangkeran AS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler