Si Hitam Ini Ternyata Banyak Manfaat

Jumat, 01 September 2017 – 23:05 WIB
Cokelat hitam. Foto: Telegraph

jpnn.com - Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan cokelat. Ya, makanan hasil olahan dari biji kakao ini biasa Anda temui di berbagai jenis makanan dan minuman.

Di balik rasanya yang unik, cokelat ternyata menyimpan manfaat yang tidak boleh diremehkan, terutama dark chocolate atau cokelat hitam.

BACA JUGA: Penjelasan Dokter Ari soal Dua Mitos seputar Daging Kambing

Berikut kenali berbagai manfaat kesehatan coklat hitam yang telah terbukti secara ilmiah, seperti dilansir laman The List:

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

BACA JUGA: Begini Cara Cegah Kolesterol Usai Iduladha

Sebuah studi di jurnal Heart menemukan pemakan cokelat biasa memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan stroke yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak makan coklat.

Flavanols secara khusus dianggap memperbaiki beberapa aspek kesehatan kardiovaskular.

BACA JUGA: Ketahuilah, Manfaat Mengonsumsi Vitamin D untuk Tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa flavanol dalam bubuk kakao dan coklat hitam bisa meningkatkan kolesterol Anda. LDL atau kolesterol jahat akan menjadi lebih berbahaya bila dirusak oleh radikal bebas.

Radikal bebas menyebabkan oksidasi kolesterol LDL, yang dianggap memainkan peran vital dalam pengerasan arteri (aterosklerosis). Flavanol telah terbukti menurunkan oksidasi LDL ini.

Penelitian juga menunjukkan bahwa flavanol meningkatkan produksi gas oksida nitrat di tubuh Anda. Oksida nitrat menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi rileks, yang meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

Selain itu, flavanol kakao terbukti menekan kecenderungan trombosit mengumpul dan membentuk bekuan darah.

2. Melindungi Kulit

Kakao yang kaya flavanol juga telah terbukti menguatkan dan melindungi kulit dengan meningkatkan aliran darah dan hidrasi.

Kakao telah dikaitkan dengan mekanisme pemindahan photoprotection yang membantu tubuh mengatasi kerusakan molekuler dari sinar matahari.

Jadi, coklat hitam bisa efektif melindungi kulit dari efek UV yang berbahaya juga.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Dua penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi flavanol kakao secara teratur meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

Dalam sebuah penelitian, 90 orang dewasa sehat berusia 61 tahun- 85 tahun diberi minum dengan flavanol kakao rendah, sedang atau tinggi.

Setelah delapan minggu, mereka yang mengonsumsi flavanol biji kakao dalam jumlah sedang dan tinggi setiap hari melakukan perbaikan signifikan pada tes yang mengukur perhatian, fungsi eksekutif dan memori.

Studi lain memberikan bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi flavanol kakao secara teratur bisa memberi manfaat bagi orang dewasa yang lebih tua yang memiliki masalah dengan memori dan berpikir juga, mungkin melalui peningkatan sensitivitas insulin.

4. Meningkatkan Mood

Tidak heran Anda merasakan semangat dalam langkah Anda setelah mengonsumsi cokelat.

Coklat gelap merangsang pelepasan endorfin, yang kemudian menyebabkan serotonin dilepaskan.

Peningkatan endorfin dan serotonin meningkatkan mood dan kesenangan.

Nilai Gizi Cokelat Gelap:

-Serat: 4,6 g.

-Kalsium: 31 mg.

-Besi: 5 mg.

-Magnesium: 97 mg.

-Kalium: 304 mg.

Cokelat hitam mengandung serat dan mineral tinggi. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, 1,5 ons cokelat hitam 70-85 persen mengandung 4,6 gram serat, 31 miligram kalsium, 5 miligram zat besi, magnesium 97 miligram dan 304 miligram potasium. Beberapa merek coklat gelap mengandung jumlah besi yang lebih tinggi.

5. Takeaway

Flavanol kakao yang ditemukan dalam coklat gelap telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Untuk memastikan bahwa Anda mengoptimalkan kualitas bagus ini, pertimbangkan beberapa hal:

-Cokelat gelap berkualitas tinggi mengandung setidaknya 70 persen padatan coklat.

-Warnanya cokelat tua dan glossy. Semakin gelap, maka akan semakin baik. Cokelat hitam mengandung lebih banyak flavonoid daripada coklat susu.

-Cokelat putih tidak mengandung padatan coklat dan karenanya bukan merupakan sumber flavonoid sama sekali.

-Selain itu, jangan lupa bahwa dark chocolate masih tinggi lemak dan gula. Penelitian menunjukkan bahwa Anda hanya membutuhkan 1,5 ons per hari untuk mendapatkan keuntungan.

Sebaiknya ganti permen yang sudah Anda konsumsi dengan dark chocolate agar Anda tidak mengonsumsi kalori ekstra.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketahuilah, Manfaat Kunyit untuk Kesehatan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler