Siapkan 22 Lokasi Kampanye

Senin, 03 Maret 2014 – 02:30 WIB

jpnn.com - SELONG - Sebentar lagi kampanye pemilu legislatif akan segera digelar. Untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur, NTB,  mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Salah satunya adalah tempat yang bisa dijadikan lokasi kampanye oleh parpol.

“Untuk Lotim ada 22 lokasi yang bisa dijadikan tempat kampanye,” kata Ketua Divisi Hukum KPU Lotim Taharudin.

BACA JUGA: Dorong Eksploitasi Kreatifitas untuk Hadapi Perdagangan Bebas

Dijelaskan, berdasarkan tahapan pemilu yang diterima dari KPU pusat, rencana kampanye berupa rapat umum akan dimulai pada 16 Maret – 5 April 2014 mendatang.

Dalam rangka persiapan kampanye, KPU Lotim sudah memanggil perwakilan 12 parpol. Dari hasil pertemuan itu disepakati 22 lokasi untuk menggelar kampanye rapat umum.

BACA JUGA: PAN Ajak Publik Hindari Caleg Pencari Kerja

Sebanyak 22 lokasi rapat umum tersebar di 20 kecamatan di Lotim. Lokasi itu merupakan lahan milik Pemkab Lotim yang merupakan lapangan umum masing-masing kecamatan.

Namun ada dua kecamatan yang memiliki dua lapangan untuk kampanye, yaitu Selong dan Sikur. Untuk Selong ada lokasi yaitu Lapangan Nasional dan GOR Selaparang. Sedangkan di Kecamatan Sikur  yaitu lapangan umum Sikur dan Kotaraja.

BACA JUGA: Tangani Sengketa Pilwako Gorontalo, MK Tunggu Putusan MA

Untuk jadwal masih menunggu usulan jadwal dari parpol. Nantinya, jadwal itu akan digodok oleh KPU Lotim supaya tidak berbenturan dengan parpol lainnya. Khususnya dalam hal penggunalan lokasi kampanye. Selain itu, terkait kampanye ini pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Dijelaskan, untuk kampanye rapat khusus sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Kampanye jenis ini sudah mulai dilakukan sejak penetapan parpol peserta pemilu oleh KPU pusat. Pada kesempatan itu, Tahar mengingatkan kepada porpol untuk melakukan kampanye dengan baik. “Harus ikut jaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ungkapnya.

Terpisah Kasubag Humas Polres Lotim Iptu I Komang Samia, mengatakan, pihaknya siap menyukseskan pemilu 2014, khususnya dari segi keamanan. Menurutnya, pengamanan akan dilakukan baik diminta maupun tidak minta. Nantinya, semua tahapan pemilu akan diberikan pengamanan oleh Polres Lotim. “Termasuk saat kampanye juga,” paparnya.

Saat kampanye digelar, Samia berpesan kepada parpol untuk bisa mengendalikan massanya. Tidak itu saja, saat menggunakan kendaraan menuju lokasi kampanye diharapkan tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Khususnya kepada massa kampanye yang datang menggunakan sepeda motor. “Pakai helm dan jangan kebut-kebutan di jalan,” pesannya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dandim 1615 Lotim Letkol Arm Rama HB. Pihaknya bersama jajarannya bersama pihak terkait lainnya dalam hal keamanan siap menyukseskan pemilu. Pihaknya juga akan siap mengamankan semua tahapan pemilu dan pilpres.

“Kami harap pelaksanaan pemilu tahun ini bisa berjalan lancar dan aman,” harapnya. (rur)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Total Dana Kampanye PD Rp 268 Miliar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler