Siapkan 6 Hal ini Sebelum Piknik ke Pantai Bersama Keluarga

Minggu, 13 Januari 2019 – 15:13 WIB
Ilustrasi liburan bersama anak. Foto: holidayhypermarket

jpnn.com - Liburan ke pantai bisa membuat Anda jadi relaks sehingga meningkatkan kesehatan. Akan lebih bagus jika Anda menjaga keluarga, khususnya si kecil, mengingat aktivitas ini bisa meningkatkan kreativitas dan itu baik bagi perkembangan otaknya.

Persiapkan ini jika Anda dan keluarga akan piknik ke pantai

BACA JUGA: Benarkah Piknik ke Pantai Bikin Otak Lebih Sehat?

Anda berencana mengajak keluarga untuk piknik ke pantai? Beberapa tips piknik di pantai berikut ini, bisa Anda lakukan agar semuanya tetap aman dan senang:

1. Siapkan tabir surya

BACA JUGA: Christmas Art Camp, Wahana Liburan Anak dan Keluarga

Lindungi kulit dengan menggunakan tabir surya SPF 30 yang memiliki kandungan zinc oxide atau titanium. Pilih juga tabir surya yang bersifat water-resistant. Aplikasikan ulang setiap dua jam sekali. Jika jenisnya bukan water-resistant, oleskan kembali setelah Anda berkeringat atau bermain air.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, Anda sebaiknya mengaplikasikan tabir surya satu jam sebelum terpapar sinar matahari. “Jumlah pemakaian yang dianjurkan sebenarnya bervariasi, tergantung pada luas permukaan tubuh Anda. Tapi pakailah setidaknya dua sendok makan untuk seluruh permukaan tubuh, termasuk wajah,” katanya.

BACA JUGA: Mahasiswa dan Pacarnya Kepergok Karaoke di Pantai

2. Jangan sampai dehidrasi

Dehidrasi dapat terjadi sangat cepat di cuaca yang panas dan lembap, terutama untuk anak-anak. Jika mereka mengeluh haus, berarti mereka tidak terhidrasi dengan baik.

“Pastikan anak minum air setiap 15 hingga 20 menit,” kata Debra Best, MD, seorang asisten profesor pediatric di Duke Medicine di Durham, Amerika Serikat, seperti dikutip Everyday Health.

Best juga menyarankan Anda untuk mengenakan pakaian dengan warna cerah agar tidak terlalu panas dan cepat dehidrasi. Jika Anda mengonsumsi alkohol saat berada di pantai, minumlah air putih yang cukup karena alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi.

3. Datang lebih awal

Bagi Anda yang hendak membawa bayi atau anak kecil, datanglah lebih awal ke pantai saat suasana masih sepi. Dilansir Parents, Corrine McDermott yang merupakan pendiri  HaveBabyWillTravel.com mengatakan bahwa biasanya ia pergi ke pantai pada pukul 9 pagi.

“Pergi ke pantai lebih awal membuat kami lebih menikmati suasananya karena belum ramai, dan saat matahari mulai terik, kami sudah ada di dalam ruangan,” tutur Corrine.

4. Pilih sudut yang dekat penjaga pantai

Sekali lagi, jika Anda membawa anak-anak, pilihlah sudut pantai dekat tempat penjaga pantai demi keamanan bersama. Anda bisa mengatakan kepada anak untuk meminta tolong kepada si penjaga, jika seandainya Anda dan si Kecil terpisah.

5. Bawa makanan sehat

Tentunya ada banyak sekali jajanan pantai yang berlemak alias tak sehat, seperti es krim, udang goreng, piza, chicken finger, dan sebagainya. Untuk menyiasati ini, bawalah makanan sehat yang Anda buat sendiri. Atau buah-buahan yang lebih praktis. “Buah-buahan selalu bisa diandalkan karena mereka menghidrasi Anda,” kata Best.

6. Perhatikan faktor cuaca

Mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan, jika Anda dan keluarga berencana untuk piknik ke pantai, perhatikan prediksi cuaca yang disiarkan oleh BMKG. Hal ini berguna untuk menghindari kondisi alam yang sering tidak bisa diprediksi seperti hujan lebat, gelombang pasang atau bahkan tsunami.

Piknik ke pantai memang menyenangkan. Anda bisa bermain air, berenang, atau sekadar melihat pemandangan laut yang biru. Bonusnya, Anda juga akan mendapatkan manfaat dari segi kesehatan otak. Selagi ada waktu, manfaatkan jadwal kosong Anda untuk berlibur demi kesehatan Anda dan keluarga.(RS/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Angelique Marcia, Ibu Tiga Anak yang Rela jadi Juru Kunci Terumbu Karang


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler