Siapkan Biaya Kesehatan untuk Masa Depan Lewat Bank Digital

Jumat, 01 September 2023 – 18:49 WIB
Uang Rupiah. Ilustrasi/foto: dokumentasi JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Fasilitas bank digital di zaman sekarang sangat mudah dijangkau dan bisa mempermudah masyarakat menabung.

Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk menyisihkan dana agar budget kesehatan terpenuhi.

BACA JUGA: Kolaborasi Gojek dan Bank Jago Berpotensi jadi Bank Digital

Kita memang perlu lebih teliti mempersiapkan biaya untuk urusan kesehatan yang terus meningkat tahun ke tahun.

Satu-satunya cara menyikapi kondisi ini adalah mengelola finansial lebih baik lagi agar biaya kesehatan tetap terpenuhi dengan baik.

BACA JUGA: Pemerintah Diminta Dorong Pembentukan Bank Digital Lokal

Kenapa Biaya Kesehatan Terus Meningkat?

Sebenarnya apa yang membuat biaya kesehatan terus meningkat dari waktu ke waktu? Pada dasarnya biaya kehidupan ini memang akan terus bertambah seiring dengan tren yang berlaku di masyarakat.

BACA JUGA: Optimalkan Layanan, Kehadiran Bank Digital Dinilai Sangat Mendesak

Tentu ada banyak faktor yang akan berpengaruh dalam perubahan harga tersebut. Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan biaya kesehatan terus meningkat:

1.    Perubahan Peraturan

Alasan pertama yang menyebabkan biaya kesehatan meningkat adalah adanya perubahan peraturan.

Peraturan yang dimaksud di sini adalah peraturan pemerintah mengenai asuransi kesehatan yang berlaku di masyarakat yaitu BPJS. Biaya premi yang dibebankan kepada pengguna asuransi semakin tinggi sedangkan BPJS Kesehatan masih bersifat wajib.

Selain itu juga bisa berarti peraturan dari penyelenggara asuransi swasta. Tentunya setiap perusahaan asuransi kesehatan memiliki aturan masing-masing termasuk mengenai biaya premi yang harus dibayar.

Umumnya dari tahun ke tahun biaya premi yang dibebankan akan terus bertambah dan hal ini harus menjadi perhatian bagimu.

Perlu dicatat juga bahwa perubahan ini tidak hanya berlaku untuk nominal biaya yang harus dibayarkan.

Lebih dari itu metode pembayarannya juga bisa saja berubah mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Misalnya saja saat ini banyak layanan asuransi kesehatan yang menyediakan metode pembayaran premi pakai aplikasi bank digital.

2.    Peningkatan Fasilitas Kesehatan

Tentu saja adanya peningkatan fasilitas kesehatan juga akan membuat biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat bertambah besar.

Namun hal ini seharusnya menjadi sesuatu yang dinantikan oleh semua orang sebagai pengguna layanan kesehatan. Kamu sendiri juga pastinya ingin mendapatkan layanan dan fasilitas kesehatan yang terbaik, bukan?

Dari waktu ke waktu teknologi berkembang semakin pesat. Perkembangan teknologi ini juga ikut berpengaruh pada perubahan fasilitas dan layanan kesehatan di masyarakat. Peralatan yang dipakai di rumah sakit semakin lengkap dan beragam. Teknologi semacam inilah yang pada akhirnya akan membuat biaya kesehatanmu jadi terus bertambah.

3.    Perkembangan Obat

Selanjutnya ada faktor perkembangan obat yang juga ikut berpengaruh pada peningkatan biaya kesehatan.

Sama halnya seperti fasilitas di layanan kesehatan, obat-obat saat ini juga berkembang karena perubahan teknologi yang pesat. Fungsi obat bertambah canggih dan semakin membantu masyarakat untuk sembuh lebih cepat dengan efek samping minimal.

Peningkatan kualitas obat-obatan ini juga akan membuat biaya kesehatanmu semakin mahal.

Tentunya pengeluaran untuk membeli obat akan terus bertambah dan bisa jadi makin mahal dari waktu ke waktu.

Bila tidak dipersiapkan dengan baik, bisa jadi kamu akan kesulitan mendapatkan obat tersebut dan perawatan jadi tidak berjalan secara optimal.

4.    Perkembangan Teknik Pengobatan

Peningkatan biaya kesehatan juga bisa disebabkan oleh adanya perkembangan teknik pengobatan.

Saat ini teknik pengobatan semakin beragam dan berkembang seiring teknologi modern. Tentunya dibutuhkan modal yang lebih besar jika ingin menghadirkan teknologi pengobatan yang lebih canggih. Jadi bukan hal yang aneh jika biaya kesehatan pun ikut melambung tinggi.

Sebenarnya hal ini juga akan menguntungkan masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan. Mereka bisa menikmati layanan kesehatan yang jauh lebih baik.

Cara Atur Strategi Siasati Kenaikan Biaya Kesehatan

Seiring dengan tingginya kenaikan biaya kesehatan saat ini, apa saja yang bisa kita lakukan? Tentunya kamu harus bisa mengatur strategi untuk menyiasati kenaikan biaya kesehatan tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa menghadapi peningkatan biaya kesehatan tanpa perlu takut:

1.    Alokasikan Dana Khusus

Tentu kamu harus berusaha untuk mengelola finansial atau mengubah strategi manajemen keuangan terlebih dahulu.

Bila biaya kesehatan meningkat berarti pengeluaranmu akan jadi lebih besar. Oleh karena itu kamu harus berusaha untuk mengalokasikan dana khusus agar nantinya kebutuhan biaya kesehatan tersebut bisa terpenuhi dengan baik.

Saat mengelola finansial, kamu pasti akan membagi pemasukan ke beberapa plot pengeluaran.

Di sini kamu bisa mengalokasikan nominal tertentu untuk biaya kesehatan. Jadi kamu sudah bersiap menyisihkan dana khusus untuk menutupi kebutuhan biaya kesehatanmu.

Nominalnya harus disesuaikan dengan kebutuhan biaya yang ada saat ini.

Banyak orang yang sebenarnya punya pemasukan mencukupi tetapi ternyata tidak bisa memenuhi kebutuhan biaya kesehatan.

Penyebabnya karena mereka tidak memiliki alokasi dana khusus dengan tujuan tersebut. Jadi lebih baik kamu melakukan antisipasi dengan menyisihkan dana khusus.

Misalnya dengan memasukkan dana tersebut ke bank digital agar bisa dimanfaatkan sebagai biaya kesehatan.

2.    Tingkatkan Pemasukan

Selanjutnya kamu bisa mulai meningkatkan pemasukan. Seiring dengan bertambahnya biaya kesehatan, maka beban yang harus kamu tanggung juga akan semakin besar. Pengeluaranmu akan semakin mahal dan kamu bisa saja kesulitan jika harus menyesuaikan dengan pemasukan saat ini.

Apabila pemasukanmu masih sama seperti dulu tapi biaya kesehatan sudah meningkat banyak, maka mau tidak mau kamu harus berusaha.

Kamu harus mencoba untuk menambah pemasukan dengan berbagai cara. Prinsipnya mudah, semakin banyak kebutuhanmu maka semakin besar juga uang yang seharusnya bisa kamu dapatkan.

3.    Pisahkan Rekeningmu

Sangat direkomendasikan untuk memisahkan rekeningmu. Lebih baik kamu punya beberapa akun rekening dengan tujuan pemakaian yang berbeda-beda.

Ditambah sekarang sudah ada aplikasi bank digital yang bisa memberi kemudahan untuk membuat rekening terpisah. Jadi kamu bisa menyediakan rekening khusus untuk kebutuhan biaya kesehatan.

Memisahkan rekening seperti ini kelihatannya memang sepele, padahal cukup efektif membantu mengelola finansialmu. Jika kamu punya rekening terpisah dan dikelompokkan sesuai kebutuhan, pasti pengelolaannya juga lebih mudah. Selain itu kamu jadi tahu berapa total dana yang sudah dimiliki untuk setiap kebutuhan tersebut.

Pemisahan rekening ini sangat efektif untuk menyiasati kenaikan biaya kesehatan yang mungkin akan makin besar dari tahun ke tahun. Kamu bisa menjaga dana tetap aman karena kebutuhan konsumtif dan transaksi bisa menggunakan rekening yang lain. Bila menggunakan layanan bank digital, pemantauan rekening bisa jauh lebih praktis lewat aplikasi smartphone.

4.    Lakukan Investasi

Tips berikutnya yang bisa kamu coba adalah berinvestasi. Investasi sebenarnya sangat penting untuk dilakukan karena bisa membantu back up kebutuhan biaya hidup yang makin tinggi dari waktu ke waktu.

Jika biaya kesehatan terus meningkat di masa depan, maka paling tidak kamu mempunyai simpanan yang memadai dari hasil dana yang kamu investasikan tersebut.

Di zaman modern seperti sekarang ini, investasi memang makin mudah untuk dilakukan. Bahkan aplikasi bank digital juga memungkinkan kamu untuk berinvestasi secara praktis. Tinggal pilih saja platform investasi yang tepat dan pastikan instrumen investasinya juga sesuai profil risikomu.

Setiap bentuk investasi seharusnya dimulai dengan tujuan atau target finansial tertentu. Jadi kamu bisa memiliki strategi yang tepat dan tahu berapa banyak dana yang harus diinvestasikan secara rutin. Dalam hal ini kamu bisa menjadikan biaya kesehatan sebagai target atau tujuan finansial yang ingin dicapai dari investasi tersebut.

5.    Miliki Asuransi Kesehatan

Seberapa penting fungsi asuransi kesehatan bagi kehidupan kita? Bila kamu sudah pernah mendapatkan perawatan, pastinya kamu tahu bahwa biaya kesehatan itu tidaklah murah.

Itulah mengapa asuransi kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki saat ini. Apalagi jika kamu tahu bahwa biaya kesehatan akan terus meningkat di masa depan.

Mari posisikan diri kita sebagai manusia biasa yang akan selalu butuh layanan dan fasilitas kesehatan. Tentu kita ingin mendapatkan fasilitas yang terbaik dan pengobatan yang akurat. Oleh sebab itu kita tidak seharusnya mengeluh terhadap kenaikan biaya kesehatan. Kita bisa mengantisipasinya dengan memiliki asuransi kesehatan yang terpercaya.

Sebaiknya mulai sekarang cari layanan asuransi kesehatan yang kredibel dan sesuai kebutuhan. Jika BPJS saja tidak cukup maka kamu bisa mencari asuransi kesehatan swasta yang terpercaya.

Sekarang ada banyak pilihan asuransi kesehatan swasta yang bagus dan metode pembayaran preminya juga semakin mudah. Tinggal manfaatkan saja aplikasi bank digital untuk mendapatkan kemudahan tersebut.

Manfaatkan Bank Digital Terbaik untuk Kelola Dana Kesehatan

Pada dasarnya kamu harus punya manajemen keuangan yang efektif jika ingin siap menghadapi kenaikan biaya kesehatan di masa depan.

Dalam hal ini kamu akan butuh aplikasi bank digital yang benar-benar bisa diandalkan setiap saat.

Tidak perlu ragu, langsung saja pilih digibank by DBS yang akan memberi banyak kemudahan lewat layanan perbankan digital mereka.

Lewat layanan digibank by DBS ini kamu bisa mendapatkan kemudahan untuk bertransaksi, juga beberapa keunggulan yang menarik, di antaranya:

?      Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu enggak pakai ragu. Ini cara cerdik yang bikin hidup kamu lebih all-out karena Sat-set bayar pakai QRIS

?      Masa Depan Jadi Lebih Aman. Kamu bisa tetap have fun nggak perlu nunda rencananya masa depan. Dan ini cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah dengan memanfaatkan perlindungan jiwa hingga Rp1 Milyar

?      Semua Aman dan Mudah dalam satu genggaman karena kamu bisa cerdik kelola keuangan tanpa ribet, praktis atur rekening dan kartu kredit

Nikmati kemudahan layanan bank digital dari digibank by DBS untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kenaikan biaya kesehatan di masa depan.

Rencanakan sejak dini agar kamu tidak perlu kebingungan saat butuh biaya lebih besar demi merawat kesehatanmu. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler