Siapkan Evakuasi Napi Jika Gunung Agung Makin Aktif

Senin, 25 September 2017 – 13:10 WIB
Gunung Agung di Karangasem, Bali. Foto: Dok. Indopos/Jawapos Grup

jpnn.com, DENPASAR - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berencana memindah ratusan narapidana dan dan tahanan yang saat ini menghuni di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Karangasem seiring peningkatan aktivitas Gunung Agung. 

Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Surung Pasaribu mengatakan, rencana pemindahan napi dan tahanan di LPKA Karangasem akan dilakukan jika kondisi Gunung Agung benar-benar dinyatakan darurat.

BACA JUGA: Cerita Letusan Gunung Agung dalam Literasi Bali Kuno

"Pada prinsipnya kami sangat menjunjung tinggi HAM. Kalau memang dalam waktu mendatang kondisi di Karangasem benar-benar dinyatakan save our souls atau darurat, kami akan melakukan tindakan, "ujar Surung. 

Mantan kepala Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin itu menambahkan, untuk realisasi evakuasi masih menunggu perintah dari Kemenkumham RI ataupun Kakanwil Kemenkumham Bali. Namun, kata Surung, pihaknya sudah membahas soal itu dan siap-siap jika evakuasi harus segera dilakukan.

BACA JUGA: Terlalu! Kok Tega Menebar Hoaks di Tengah Derita Pengungsi

“Kami terus memantau perkembangan serta melakukan koordinasi dan evaluasi dengan pihak terkait. Ada sekitar 150 orang warga binaan, dan kami siap kapan pun ketika memang harus diinstruksikan untuk memindah atau melayar mereka, "jelasnya. 

Lantas, di manakah lokasi untuk menampung napi dan tahanan yang dievakuasi? Surung tidak membeber lokasi pastinya.

BACA JUGA: Pengungsi Gunung Agung Meningkat, Kini Capai 34.931 Jiwa

Dia hanya mengatakan, para warga binaan akan dievakuasi ke suatu tempat yang paling aman dan jauh dari radius bahaya di Gunung Agung. "Alternatif tempat juga sudah kami bahas, pada intinya jika sudah waktunya kami akan menempatkan mereka ke tempat yang aman sesuai dengan arahan dan petunjuk pimpinan," pungkasnya.(rb/pra/mus/mus/JPR)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aktivitas Kepariwisataan di Bali Selatan Tetap Semarak


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Gunung Agung   Napi   lapas   Karangasem  

Terpopuler