Siapkan Fasilitas Bebas Visa Ke Romania

Kamis, 23 April 2015 – 05:15 WIB

jpnn.com - BUCHAREST - Prosedur untuk berkunjung ke Romania tak lama lagi bakal semakin mudah. Ini setelah Indonesia dan Romania sepakat menjalin kerjasama pembebasan visa kunjungan.

Kebijakan itu dibahas parlemen Romania dalam kunjungan muhibah anggota DPR RI di Bucharest.  Anggota Komisi I DPR M. Syafrudin mengatakan, pemerintah Romania sangat berkeinginan dengan adanya bebas visa.

BACA JUGA: Menteri Siti Minta Perbanyak Lubang Biopori di Hari Bumi

Hal itu langsung disampaikan anggota komisi internasional parlemen Romania, Borbely Laszlo ketika mengadakan pertemuan dengan anggota DPR RI. “Sebenarnya kerjasama bebas visa itu kini sedang digodok kedua negara, namun sebatas pemegang paspor diplomatik dan kerja,” kata politikus  PAN itu.

Nah, Borbely berharap pada delegasi DPR RI agar kerjasama ditingkatkan untuk pembebasan visa bagi kunjungan umum.

BACA JUGA: Marzuki Alie Akui SBY Sulit Dibendung

Menanggapi permintaan itu, Syafrudin berjanji menindaklanjutinya dengan menyampaikan pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kementerian Luar Negeri. Sebagaimana diketahui, Komisi I memang mitra kerja Kemenlu.

Duta Besar RI untuk Romania, Diar Nurbiantoro mengatakan, draf kerjasama bebas visa diplomatik dan kerja saat ini tengah dibahas kedua negara. “Sangat memungkinkan kerjasama ditingkatkan dengan memasukan bebas visa untuk kunjungan umum,” ujarnya.

BACA JUGA: Ogah Kecolongan, KKP Amankan Dua Saksi Kunci Perbudakan di Benjina

Kendala kerjasama itu mungkin hanya pada prosedur lamanya kunjungan. Sebab, Indonesia memiliki perpres yang mengatur kunjungan untuk bebas visa maksimal hanya 30 hari.

Diar menyebut jika kebijakan bebas visa bisa diterapkan, keuntungan pasti didapat kedua negara. Apalagi selama ini angka kunjungan dari Romania ke Indonesia juga lumayan.

Dalam satu bulan setidaknya pengurusan visa ke Indonesia bisa mencapai 100 permohonan. sebagian besar untuk keperluan kunjungan wisata. “Bali, Bromo dan Borobudur di sini sangat dikenal,” ungkapnya.

Sementara itu, kunjungan WNI ke Romania selama ini lebih banyak terkait bisnis.  Dalam hal pelesir, warga Indonesia kemungkinan belum banyak mengetahui destinasi wisata di bekas negara komunis itu.

Romania sendiri memiliki sejumlah obyek wisata yang cukup menarik. Salah satu yang dijual mereka ialah legenda Drakula, Vlad The Impaler. Sejak negeri ini tergabung dalam Uni Eropa pada 2007, angka kunjungan wisatanya terus merangkak naik.(gun)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Presiden Jokowi Minta PBB Harus Cepat Tengahi Konflik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler