Siapkan Ratusan Amplop untuk Menangkan Istri, Wabup Paluta Ditangkap Polisi

Selasa, 16 April 2019 – 18:10 WIB
Politik uang, serangan fajar. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PADANG LAWAS - Tim gabungan dari Polda Sumatera Utara bersama Polres Tananuli Selatan (Tapsel) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Hariro Harahap pada Senin (15/4).

BACA JUGA : Kurir Caleg Tepergok Bagi Uang ke Warga

BACA JUGA: Bawaslu Usut Kasus Amplop Anak Buah Taufik Gerindra

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, OTT ini berkaitan upaya memenangkan salah satu caleg DPRD Paluta dari Partai Gerinda bernama Masdoripa Siregar yang tidak lain adalah istri dari Hariho Harahap.

“Mulanya ditangkap empat orang berinisial SH, MH, FIMH, dan R yang menumpangi mobil Toyota Kijang warna kuning dengan nomor polisi BK 1462 YG,” kata Dedi, Selasa (16/4)

BACA JUGA: Ditemukan Amplop Depan Rumah Taufik Gerindra, Punya Siapa ya?

Dalam penangkapan itu, petugas menemukan 87 amplop yang masing-masing berisi uang Rp 200 ribu dan kartu nama atas nama Masdoripa Siregar di setiap amplop.

Kemudian, dilakukan pengembangan dan petugas menangkap sepuluh orang di sebuah rumah di Jalan SM Raja Lingkungan, Pasar Gunung Tua, Padang Bolak.

BACA JUGA: Kurir Caleg Tepergok Bagi Uang ke Warga

BACA JUGA : Ditemukan Amplop Depan Rumah Taufik Gerindra, Punya Siapa ya?

 

Mereka masing-masing berinisial FH, ASS, SKS, KAS, HH, MRH, HS, IH, MLS, dan HH (Hariro Harahap).

Dari penangkapan sepuluh orang itu, ditemukan lagi amplop sebanyak 118 buah. Setiap amplopnya berisi uang Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu.

BACA JUGA : Bawaslu Usut Kasus Amplop Anak Buah Taufik Gerindra

Sebagai tindak lanjut, kini 14 pelaku beserta barang bukti diserahkan ke Panwaslu Paluta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Semuanya sudah dibawa ke Panwaslu, sekarang masih dalam pemeriksaan bersama dengan barang bukti,” tandas Dedi. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jangan Memengaruhi Konstituen dengan Politik Uang


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler