Sido Muncul Beri Bantuan Operasi Katarak Gratis untuk 200 Pasien di Cirebon

Senin, 06 Februari 2023 – 06:59 WIB
PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk. kembali memberikan bantuan sosial operasi katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu di Cirebon, Jawa Barat. Foto: Wenty Ayu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk. kembali memberikan bantuan sosial operasi katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu di Cirebon, Jawa Barat.

Kali ini, Sido Muncul bersama SPBK Perdami Pusat menggelar operasi gratis untuk 200 pasien penderita katarak di Rumah Sakit (RS) Permata Cirebon, pada Sabtu (4/2).

BACA JUGA: Sido Muncul Dukung BPOM Selenggarakan Pameran Sistem Pengawasan Produk Life Cycle Obat dan Makanan

Adapun bantuan secara simbolis diserahkan oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Direktur Utama RS Permata Cirebon dr Reiza Nandhika, MARS.

Penyerahan bantuan juga disaksikan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dr. Diding Sarifudin beserta jajaran direksi Rumah Sakit, Kapolsek Kedawung, Danramil Tengah Tani, Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Camat Kedawung, Kuwu Desa Pilang Sari, dan Dr. Dyana Theresia Watania, SpM(K) selaku kordinator data SPBK Perdami Pusat.

BACA JUGA: Kerja Sama Sido Muncul dan KemenKopUKM, Dorong Rantai Pasok Komoditas Bahan Baku Jamu Bagi UMKM

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan pelaksanaan operasi katarak gratis ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada bagian penglihatan.

Terhitung sejak 2011 hingga saat ini, Sido Muncul telah mengoperasi lebih dari 55.000 mata di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Kembali Ulurkan Tangan untuk Korban Gempa Cianjur, Sido Muncul Serahkan Bantuan Rp 300 Juta

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap jumlah penderita katarak semakin kecil karena  orang itu kalau kehilangan penglihatannya, 50 persen kualitas hidupnya akan hilang. Apalagi, masalah katarak itu banyak dan terus bertambah setiap tahunnya," ujar Irwan saat menghadiri dan menemui para para pasien operasi katarak, Sabtu (4/2).

Menurut Irwan, kehadiran Sido Muncul bukan hanya untuk membantu saja melainkan juga memberikan informasi bahwa katarak bisa disembuhkan hanya dengan operasi.

Sebelumnya, Sido Muncul juga melakukan bantuan sosial operasi katarak di RS Bhyangkara TK II Sartika Asih Bandung pada Desember tahun lalu.

Nantinya, para calon pasien yang telah menjalani proses screening akan langsung dioperasi pada hari yang sama.

"Kami menyambut baik kerja sama dengan SPBK Perdami Pusat dan juga RS Permata Cirebon. Harapan kami, bisa membantu para penderita katarak untuk beraktivitas kembali,” kata Irwan.

Selain operasi katarak gratis, Sido Muncul juga terus berkomitmen meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dengan memberikan operasi bibir sumbing gratis di berbagai wilayah di Indonesia.

Irwan berharap kegiatan operasi katarak pertama ini akan menjadi awal dari sekian rangkaian yang akan datang.

"Tahun ini rencananya kami akan mengoperasi 12 ribu mata. Lalu, ada juga kegiatan lainnya seperti program operasi bibir sumbing dan program stunting," tegas Irwan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama RS Permata Cirebon dr Reiza Nandhika, MARS memberikan apresiasi terhadap komitmen Sido Muncul dalam memberikan bantuan operasi katarak gratis.

"RS Permata Cirebon sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Sido Muncul karena bisa membantu mwujudkan bakti sosial katarak seperti ini," ungkapnya.

Reiza berharap, kegiatan seperti itu dapat memberikan semangat bagi para warga yang mengalami gangguan penglihatan.

Salah satu penerima bantuan, Munadi (56)mengaku sangat senang dan terbantu dengan program operasi katarak gratis itu sehingga penglihatannya bisa kembali jernih usai melakukan operasi.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Sido Muncul, Perdami, dan RS Permata Cirebon. Saya berharap, program ini bisa dilaksanakan juga di tempat lain karena sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu," terang Munadi.(mcr28/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler