SIMAK! 7 Kesalahan Menggunakan Kartu Kredit Berakibat Fatal

Minggu, 22 Mei 2016 – 15:39 WIB
Ilustrasi

BARU-baru ini, prinsipal kartu kredit MasterCard mengungkapkan ada tujuh praktik penyalahgunaan kartu pembayaran, baik kartu kredit maupun kartu debet. Yuk kita lihat apa saja itu?

Pencurian atau kehilangan kartu

Jika nasabah kartu kredit kehilangan kartu, mereka harus segera lapor ke bank untuk pencegahan kerugian lebih lanjut.

Pengambilalihan akun

Praktik ini terjadi ketika pemegang kartu tanpa sadar memberikan data dan informasi pribadi pada penipu dan pelaku penyalahgunaan kartu tersebut. Penipu akan menghubungi bank penerbit kartu melaporkan kehilangan kartu dan mengubah alamat kemudian penipu mendapat kartu baru atas nama korban.

Kartu tiruan

Kartu ini merupakan hasil duplikasi dari kartu yang lain yang kemudian dipakai untuk transaksi. Di Asia Pasifik saja, 10 persen-15 persen kejahatan dan penipuan akibat penyalahgunaan kartu seperti skimming kartu. Namun, jumlah tersebut kini turun signifikan berkat fitur keamanan tambahan seperti chip EMV.

Kartu kredit tak pernah sampai

Hal ini terjadi ketika kartu baru atau pengganti dicuri dari surat yang dikirimkan bank penerbit kartu dan nasabah penerima yang sah tak pernah menerimanya.

Informasi palsu

Pelaku kejahatan menggunakan nama dan informasi orang lain untuk mengajukan permohonan kartu kredit.

Cetakan berkali-kali

Ini terjadi saat transaksi tunggal tercatat berkali-kali di mesin pencetakan transaksi. Praktisi ini dilakukan secara manual yang dikenal dengan istilah knuckle busters.

Kejahatan lewat pemesanan palsu

Praktik ini merupakan kategori terbesar dalam penyalahgunaan kartu pembayaran di Asia-Pasifik, yakni hampir tiga-perempat dari keseluruhan kasus penyalahgunaan kartu. Penyimpangan ini kerap dialami konsumen yang melakukan bisnis dengan skema piramida atau pencurian data oleh situs web yang tak terpercaya.

Bila kamu sedang berencana mengajukan permohonan kartu kredit namun ingin kartu kredit dari penerbit yang tepat, kamu bisa mendapatkannya di BCA Expo & Autoshow yang akan digelar pada 14-15 April 2016 ini. (bca/adv)

BACA JUGA: Gara-gara Gambar Ini Komnas Perempuan Dituding Lecehkan Islam

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendagri Dianggap Bela Pengusaha Miras


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler