Simak! 8 Lagu Panbers Paling Fenomenal Sepanjang Waktu

Selasa, 24 Oktober 2017 – 12:19 WIB
Benny Panjaita. Foto: Source YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Grup band Panbers begitu melekat dengan sosok mendiang Benny Panjaitan. Ya, Benny Panjaitan bisa dikatakan urat nadi Panbers seperti halnya Freddy Mercury dalam bandnya, Queen.

Bersama tiga saudaranya, Hans Panjaitan, Doan Panjaitan, dan Asido Panjaitan, Benny membentuk grup musik Panjaitan Bersaudara yang kemudian disingkat menjadi Panbers. Mereka sepakat mendirikan musik ini pada 1969 di Surabaya.

BACA JUGA: Setelah Melawan Stroke, Benny Panjaitan Akhirnya Wafat

Kini, Benny Panjaita telah menutup mata untuk selamanya. Dia menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (25/10) sekitar pukul 09.50 WIB.

Namun karya Benny Panjaitan bersama Panbers tak lekang oleh waktu. Terlebih, mendiang Benny Panjaitan memang tak mau sembarangan menciptakan lagu.

BACA JUGA: Michael Jakarimilena Tampil Lagi di Australia

Semasa hidupnya, dia tidak mau lagu-lagu ciptaannya mirip satu sama lainnya, baik dari lirik maupun melodinya.

Panbers sendiri diketahui sudah mengeluarkan ratusan lagu dari berbagai genre maupun beberapa bahasa.

BACA JUGA: Wahai Kau yang Kerap Tersenyum Manis di Benakku

Dari ratusan lagu yang telah diciptakan Benny Panjaitan, ada beberapa singel Panbers yang masih dicari dan dinyanyikan pencinta musik Tanah Air.

Berikut lagu-lagu Panbers yang paling fenomeal pilihan JPNN.com.

1. Gereja Tua

Lagu ini menjadi salah satu single hits bahkan melegenda dari grup musik dengan latar belakang Batak ini. Gereja Tua merupakan pengalaman pribadi sang penulis lagu semasa sekolah.

Benny Panjaitan pernah mengungkapkan saat menulis lagu itu dia ingat dengan gereja tua di samping sekolahnya di Palembang. Panbers pun menerima sembilan piringan emas lewat single Gereja Tua sebagai bentuk pengesahan pencapaian lagu terlaris.

2. Terlambat Sudah

Setelah Gereja Tua, lirik manis Terlambat Sudah menjadi salah satu hits Panbers yang melegenda hingga kini di mana liriknya berisi curahan pengalaman pribadi Benny Panjaitan. Dari liriknya bisa dilihat jika Benny curhat tentang kegalauan cintanya.

3. Akhir Cinta

Lagu ini merupakan lagu Panbers yang dibawakannya saat pertunjukkan musik terbesar di Jakarta bertajuk Djambore Band Djakarta pada 7 November 1970 di Istora Senayan. Lewat single ini, Panbers mulai dikenal di belantika musik Tanah Air.

4. Cinta dan Permata

Lagu Panbers lainnya yang fenomenal, yakni Cinta dan Permata. Single pop ciptaan Benny Panjaitan dirilis di era 1990-an di tengah-tengah band anak muda yang ramai muncul. Meski begitu, Panbers lagi-lagi membuat singlenya sukses di pasaran hingga mendapat piringan emas pada 2001 lantaran begitu digemari pecinta musik.

5. Musafir

Lagu Panbers lainnya adalah Musafir. Single pop yang sempat heboh ini ada dalam satu album dengan lagu Gereja Tua. Di zamannya, lagu tersebut juga menjadi pilihan anak-anak muda.

6. Hidup Terkekang

Kisah pilu yang tertuang dalam lagu berjudul Hidup Terkekang ini seolah mencerminkan kisah anak-anak muda di zamannya. Hingga membuat lagu tersebut menjadi kenangan hingga sekarang.

7.  Tak Kusangka

8.  Indonesia My Lovely Country

Selain merilis lagu berbahasa Indonesia dan Batak, Panbers juga mengeluarkan single dengan Bahasa Inggris. Dari enam lagu berbahasa Inggris, salah satunya bertajuk Indonesia My Lovely Country menjadi single ciptaan Benny Panjaitan yang melegenda.(mg7/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... LMKN Harus Kedepankan Transparansi


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler