Simak! Sembilan Manfaat Ajaib Minum Air Hangat

Sabtu, 08 Juli 2017 – 07:17 WIB
Air putih. Foto: Pixabay

jpnn.com - AIR  hangat punya segudang manfaat kesehatan yang tidak diketahui banyak orang.

Air hangat yang baik adalah yang tidak berwarna, berbau dan juga tidak berasa.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Diare yang Bikin Anda Terkejut

Secara umum, air putih adalah minuman yang penting untuk mengatasi banyak masalah kesehatan.

Sebab air putih merupakan cairan yang mudah sekali untuk diserap tubuh.

BACA JUGA: Ladies, Ingin Merasa Kuat dan Tetap Langsing? Coba deh Lakukan ini

Minum air putih saat perut kosong memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Adapun minum air putih panas/hangat punya banyak keuntungan tersendiri yang tidak didapatkan ketika Anda minum air putih biasa.

BACA JUGA: 5 Efek Negatif Dari Tidur Berlebihan

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman MSN:

1. Pencernaan yang lebih baik

Air hangat merangsang pencernaan. Tubuh tidak akan menggunakan begitu banyak energi untuk memecah makanan yang Anda konsumsi, yang membuatnya sangat mudah bagi mereka untuk dicerna dan lancar melewati usus.

Minum air dingin saat Anda makan memiliki efek sebaliknya. Inilah alasan lain mengapa restoran menawarkan kopi atau teh saat Anda selesai makan.

2. Detox

Air hangat membantu tubuh mengeluarkan racun saat Anda berkeringat dan buang air kecil. Suhu tubuh akan naik saat Anda mengonsumsi minuman panas yang menyebabkan Anda berkeringat.

Banyak diet detoks pada dasarnya mengharuskan Anda untuk tidak mengonsumsi apapun selain jus.

Tubuh Anda membutuhkan sekitar 2.000 kalori sehari untuk berfungsi dengan baik.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Minum air hangat atau air panas akan memflushes toksin, termasuk timbunan lemak yang ada di tubuh Anda yang meningkatkan sirkulasi darah.

Otot juga akan rileks, yang pada gilirannya, membantu aliran darah lebih baik.

Selain itu, seperti dalam mandi air hangat, arteri dan vena Anda akan berkembang, yang memberi lebih banyak ruang bagi aliran darah, menurut Johnston UNC Health Care.

4. Membantu mengatasi rasa sakit

Pernahkah Anda mendengar tentang wanita dengan kram menstruasi yang menggunakan patch panas di perut mereka untuk mengurangi rasa sakit?

Air panas melemaskan otot dan mengurangi rasa sakit. Air panas juga membantu dengan sakit kepala dan nyeri tubuh lainnya.

5. Menurunkan berat badan

Minum air hangat akan membantu Anda mengurangi berat badan karena Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda makan lebih sedikit.

Selain itu, air hangat juga meningkatkan suhu tubuh yang pada gilirannya, meningkatkan tingkat metabolisme Anda, yang berarti Anda akan membakar lebih banyak kalori saat istirahat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa minum air panas membantu orang menurunkan berat badan tanpa harus mengikuti diet khusus atau program olahraga.

6. Memperlambat penuaan

Saat detoksifikasi tubuh Anda, kulit Anda bisa pulih lebih cepat setelah bersentuhan dengan kuman dan radikal bebas lainnya.

Perbaikan sel lebih cepat berarti kulit Anda akan lebih bercahaya dan elastis lagi, yang secara signifikan mengurangi risiko keriput. Air panas juga membantu melawan jerawat dengan cara membongkar pori-pori.

7. Membersihkan kulit

Air panas membuka pori-pori dan menghaluskan racun di dalam kulit. Ini menghidrasi kulit Anda yang berarti juga pelembab alami.

Lebih sedikit bakteri berbahaya di tubuh dan di kulit berarti risiko Anda lebih kecil untuk infeksi kulit dan kondisi lainnya, seperti jerawat.

8. Rambut lebih baik

Air panas mengaktifkan saraf di akar rambut Anda, membuatnya lembut dan bercahaya yang akan membantu rambut tumbuh lebih cepat.

Dehidrasi adalah salah satu alasan utama rambut kering. Setiap batang rambut terdiri dari 1/4 air dan bila Anda tidak cukup minum, maka hal tersebut menyebabkan rambut Anda menjadi lemah.

9. Tidak ada ketombe

Air hangat membuat kulit kepala terhidrasi dan mencegah pembentukan ketombe, yang merupakan potongan kecil kulit mati di rambut.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minum Secangkir Kopi Bisa Mengurangi Risiko Kanker Hati?


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler