Sinarmas World Academy Gelar TEDxYouth Sajikan Hal Baru, Rudi Antara Bilang Begini

Sabtu, 25 Februari 2023 – 20:40 WIB
Rudi Antara, mantan Menkominfo tampil di konferensi inspiratif TEDxYouth @SWA. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekolah Sinarmas World Academy (SWA) kembali menggelar konferensi TEDxYouth 2023 yang mengambil tema ”Empowering Inner Self: Be Relevant, Resonant, and Radiant”.  

Ketua OSIS SWA Gisela Kasena mengatakan ada yang berbeda dengan penyelenggaraan TEDxYouth @SWA tahun ini.

BACA JUGA: Proyeksi Ekonomi Indonesia Positif, Sinarmas MSIG Life Optimistis Bisnis Asuransi Naik

Setelah dua tahun terkungkung dengan pandemi, 2023 menjadi tahun kebangkitan semangat serta rasa percaya diri siswa.

"Melalui TEDxYouth @SWA, ada banyak sisi positifnya. Siswa lebih memahami tentang 4C (critical thinking, collaboration, communication, creativity)," kata Gisela di sela-sela TEDxYouth di Sekolah SWA, Tangerang Selatan, Sabtu (25/2).

BACA JUGA: Sinarmas MSIG Life Bayar Klaim Nasabah Lebih dari Rp 380 Miliar

Matthew selaku ketua panitia TEDxYouth @SWA menambahkan seluruh kegiatan ini dilaksanakan dan diorganisir oleh siswa Sinarmas World Academy.

Bagi seluruh komite, TEDxYouth @SWAcara mengajarkan bagaimana mengasah kemampuan berpikir kritis, kreatif, melatih komunikasi, kolaborasi, dan kerja sama tim yang baik untuk menyukseskan acara tersebut. 

BACA JUGA: Ingin Dekat dengan Konsumen, Sinarmas MSIG Life Lakukan Sejumlah Terobosan

Di sela-sela acara selama jeda istirahat, para siswa SWA juga menampilkan kemampuan mereka dalam kolaborasi musik dan kesenian. 

Menurut Alexander selaku co-principal Sinarmas World Academy, TEDxYouth ini merupakan suatu kesempatan dan wadah bagi seluruh komunitas SWA dalam mengembangkan kreativitas sesuai dengan jati diri masing-masing.

"TEDxYouth @SWA menampilkan berbagai pembicara profesional yang membagikan pengalaman hidup mereka yang dapat menginspirasi bagaimana memberdayakan diri dan memberikan perubahan bagi lingkungan sekitar," terang Mr. Alexander.

Acara TEDxYouth yang ke-6 ini menghadirkan pembicara di antaranya Rudiantara (Minister of Information and Technology of The Republic of Indonesia 2014-2019), Ernanda Putra (Founder & CEO MAKNA Group), Vishal Dasani (Fitness & Sleep Educator).

Renaldo Sutjiady (Program Manager New Energy Nexus), Graciela Gabrielle Angeline (CoFounder & CMO PetaNetra), Febrian Pottanobu (Co-Founder Duckie Land), Stephanie Regina (Founder & CEO Haloka Group), dan Sonny Samuel (Managing Director, Head of Global Markets UOB Indonesia). 

Pada kesempatan tersebut Rudi Antara membagi tips untuk generasi milenial meraih kesuksesan. Menurut dia jangan pernah malu mencoba sesuatu yang bernilai positif.

"Jangan pernah berpikir lulus itu mencari pekerjaan, seharusnya bagaimana menciptakan lapangan kerja," ujarnya.

Menentukan pekerjaan yang pas, lanjut dia, jangan pernah malu mencoba. Lakukan dahulu dan dari coba mencoba itu akan ketahuan sebenarnya passion-nya apa.

Dia menilai Kurikulum Merdeka sudah menjawab tantangan zaman now. Siswa diajarkan mengenai 4C.

"Untuk mengimplementasikan 4C itu lewat pembelajaran berbasis projec. Jadi, bukan melulu menghafal. Ingat menghafal bisa digantikan dengan kecerdasan buatan," tegas dia.

TEDxYouth@SWA bukan hanya menghadirkan para pembicara professional.

Sejumlah murid dari Sinarmas World Academy juga membagikan berbagai kisah inspiratif dan pengalaman mereka secara langsung.

Kehadiran mereka diharapkan bisa memotivasi para kaum muda untuk terus mengembangkan dan menyesuaikan diri dengan berbagai tantangan di era modern ini. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Buru Pembobol ATM Bank Sinarmas di Duren Sawit


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler