Sindikat Mobil Kanibal Terbongkar, Begini Modusnya

Jumat, 11 Agustus 2017 – 14:35 WIB
Pelaku kriminal yang tertangkap dan diborgol. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya menangkap sindikat curanmor yang melakukan kanibal kendaraan asuransi dengan mobil curian.

Para pelaku membeli mobil rusak beserta surat-suratnya kepada pihak asuransi.

BACA JUGA: Polisi Tetapkan 3 Tersangka Baru Pembakar Joya

Setelah itu, mereka mengkanibalkannya ke mobil curian agar kendaraan dihargai sesuai pasaran.

Kasubdit Kendaraan Bermotor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Antonius Agus mengatakan, bagian yang diambil dari mobil yang rusak adalah nomor rangka dan nomor mesin kendaraan.

BACA JUGA: Ini Kata Polda Metro Soal Prarekonstruksi Kasus Novel Baswedan

Kedua item itu kemudian dipasang pada mobil curian.

"Modusnya ini bengkel ini menerima mobil hasil curian, kemudian dikanibal, lalu dikawinkan dengan mobil asuransi hasil lelangan," kata Antonius di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

BACA JUGA: Polisi Pakai Saksi Kunci untuk Prarekonstruksi di Dekat Rumah Novel

Menurut Antonius, pihak asuransi biasanya melelang kendaraan hasil kecelakaan atau bangkai mobil lengkap dengan suratnya. Hal itu dimanfaatkan oleh pelaku.

"Misalnya mobil asuransi yang mengalami kecelakaan atau kebakaran dengan kondisi 70 persen kerusakan, itu kan dilelang. Dibeli sama mereka dengan harga berkisar Rp 15-20 juta," jelas dia.

Setelah menemukan kendaraan lelang, pelaku mencari mobil yang berjenis sama untuk dicuri. Setelah itu, kedua mobil itu dikawinkan.

"Dengan modal Rp 30 juta, dia bisa menjual seumpama Innova dengan Rp 200 juta, keuntungannya berlipat-lipat," jelas dia.

Dalam kasus ini, polisi menangkap tiga pelaku yang merupakan penadah hasil curian.

Ketiganya adalah HFF (38) berperan memperbaiki kunci kontak mobil hasil curian, UTG (42) sebagai penadah mobil hasil curian, dan PPT (34) yang bertugas memutus GPS pada mobil hasil curian.

"Kami masih memburu satu orang lagi berinisial SGT yang merupakan pelaku pencurian mobil yang menjual ke sindikat penadah ini," ungkap Antonius.

Polisi juga memburu tiga pelaku bernisial yaitu S, R, dan U yang merupakan penadah sekaligus teknisi yang mengawinkan mobil asuransi dan mobil curian itu.

Sebanyak 15 mobil disita, di antaranya jenis Avanza, Honda Jazz, dan Daihatsu Xenia. (Mg4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dor! Ayo Percepat Bandar Narkoba Bertemu Tuhan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler