Sinergi Skala Global Angkutan Minyak dan Terminal Energi

Sabtu, 02 Maret 2024 – 04:41 WIB
PT Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menandatangani Head of Agreement (HOA) bersama TOTALENERGIES TRADING SA (TOTSA). Foto: dok. PIS

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) memperoleh prioritas untuk memasok kapal dengan rate pasar yang kompetitif.

Ini terwujud setelah PIS menandatangani kesepakatan bisnis dengan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dalam Head of Agreement (HOA) bersama Totalenergies Trading Sa (TOTSA).

BACA JUGA: Tambah Kekuatan Armada, PIS Teken Kontrak dengan Hyundai

Kesepakatan ini mencakup kerja sama dalam bidang transportasi perkapalan minyak, terminal energi, dan penyimpanan pasokan minyak mentah.

"(kerja sama ini) tentunya dengan tetap mengutamakan aspek HSSE dan keselamatan sesuai dengan standar internasional dan komersial perjanjian," kata Brilian Perdana, Director of Crude and Petroleum Tanker PIS dalam keterangannya, Jumat (1/3).

BACA JUGA: Dorong Percepatan Bisnis, Pertamina Tunjuk Eka Suhendra Jadi Direktur PIS

Penyediaan kapal ini lanjutnya, termasuk untuk memenuhi kebutuhan TOTSA TotalEnergies dan KPI.

PIS atau afiliasinya akan menyediakan kapal baik berupa tanker VLCC, tanker jenis Suezmax, Aframax, maupun ragam tanker lainnya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

BACA JUGA: PIS dan Seasoldier Gelar Literasi Kelautan dan Penanaman Mangrove di Bali

Melalui kolaborasi ini, PIS juga akan menjajaki peluang bisnis terminal penyimpanan minyak mentah bersama dengan kedua mitra tersebut.

PIS sebagai operator tanker terbesar di Asia tentunya siap berkolaborasi dengan mitra-mitra skala global, termasuk TOTSA untuk pengangkutan muatan internasional.

"PIS, juga terus mendukung KPI dalam pengangkutan minyak mentah untuk memenuhi kebutuhan,” ujarnya.

HoA ini, kata Brilian, menunjukkan bahwa PIS terus bertumbuh di pasar domestik, selaras dengan bertumbuhnya kebutuhan energi di Indonesia.

Selain itu, korporasi juga serius menggarap pasar global untuk menjadi pemain bisnis logistik energi yang diperhitungkan. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler