Sinergitas Gabungan Perusahaan Farmasi-BPOM Wujudkan Kemandirian Obat di RI

Jumat, 13 September 2024 – 17:41 WIB
Audiensi GPFI dengan Kepala Badan POM Taruna Ikrar yang didampingi Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif di BPOM Rita Endang beserta jajaran pada Kamis, 12 September 2024. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GPFI) bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berkomitmen untuk mewujudkan kemandirian obat dalam negeri.

Hal ini dilakukan melalui upaya menjaga ketersediaan obat, menyediakan obat dengan harga terjangkau, dan meningkatkan kemandirian obat/farmasi melalui pemanfaatan potensi bahan obat alam.

BACA JUGA: Pelabelan Bahaya BPA di Galon Guna Ulang oleh BPOM Dinilai Sudah Tepat & Penting

Kepala BPOM Taruna Ikrar menyampaikan bahwa banyak sekali obat-obat yang sebetulnya sudah menjadi obat baru, produk inovasi, misalnya produk biologi, yang sudah disahkan misalnya di Eropa atau di Amerika.

“Bertahun-tahun sampai di sini belum masuk ke Indonesia dan itu menyebabkan makin mahalnya obat. Nah, ternyata ada aspek dalam jangkauan tersebut yang perlu di-trick secara spesifik dengan dukungan GPFI akan makin mempercepat keinginan itu. Karenanya Badan POM siap mendukung dan berdiri bersama dengan GPFI,” tegas Taruna Ikrar dalam audiensi yang dilakukan GPFI dengan BPOM, Kamis.

BACA JUGA: Dukung Industri Beauty and Wellness RI, BPOM Gelar Wellfest 2025, Tahun Ini Lebih Lengkap & Seru

Lebih lanjut Taruna Ikrar menjelaskan beberapa program prioritas Badan POM di bawah kepemimpinannya sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Arahan ini di antaranya pentingnya inovasi terutama untuk obat berbasis biologi, upaya mempercepat masuknya obat-obat baru ke Indonesia, serta membangun regulasi obat yang kredibel di tingkat global/internasional.

BACA JUGA: Anies Masih Punya Peluang Maju di Pilkada Jakarta, 4 Partai Ini Bisa Berkoalisi

“Obat, makanan, minuman, dan sebagainya juga, kan, perlu dikembangkan lebih jauh. Karena kita lihat makanan-makanan produk yang hasil inovasi banyak sekali. Nah, juga kita harus jaga bagaimana produk dalam negeri dan sebagainya lebih murah dari luar negeri dan Badan POM berdiri bersama dengan GPFI wujudkan obat murah dan berkualitas,” ujar Taruna Ikrar.

Dalam kaitan tersebut, industri farmasi di Indonesia memainkan peran kunci dalam memastikan ketersediaan dan aksesibilitas obat-obatan esensial bagi seluruh lapisan masyarakat.

Peningkatan kapasitas produksi obat dalam negeri berhasil meningkatkan ketahanan terhadap krisis kesehatan global seperti saat pandemi Covid-19 dan mendorong kemandirian industri farmasi dalam negeri.

“Dengan melibatkan 160 pabrik farmasi yang memproduksi kurang lebih 2.000 jenis zat obat dan kekuatan saluran distribusi anggota, kami optimistis dapat berkontribusi dalam mengurangi ketergantungan obat-obatan impor,” ujar Ketua Umum GP Farmasi Tirto Kusnadi.

Tirto Kusnadi melanjutkan bahwa selama kurun waktu 50 tahun, industri farmasi lokal telah berkembang pesat sebagai salah satu aset utama bangsa sehingga mampu memenuhi lebih dari 80% kebutuhan obat bagi masyarakat Indonesia.

“Sebagian besar obat produksi lokal tersebut diproduksi dengan standar tinggi yang berlaku secara internasional namun tetap memperhatikan keterjangkauan daya beli masyarakat. Hal ini tentunya sesuai dengan harapan pemerintah agar masyarakat bisa mendapatkan obat yang tidak hanya aman, bermutu, dan berkhasiat, tetapi juga mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau,” kata Tirto Kusnadi.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, industri farmasi lokal mampu memenuhi permintaan domestik tanpa terlalu bergantung pada impor, yang sering kali rentan terhadap gangguan rantai pasokan internasional (Kemenkes, 2020).

Dengan total kapasitas produksi mencapai 40 miliar tablet per tahun, Indonesia memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan dalam negeri secara mandiri.

Di samping itu, Indonesia memiliki lebih dari 30.000 spesies tumbuhan dan 940 di antaranya memiliki khasiat obat.

Dengan kekayaan alam ini, industri farmasi dapat mengembangkan berbagai produk fitofarmaka yang dapat digunakan sebagai bagian dari pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penggunaan fitofarmaka di semua fasilitas kesehatan pemerintah akan mendukung keberlanjutan industri farmasi lokal dan mengurangi biaya impor bahan baku obat kimiawi (Kemenkes RI, 2020).

Audiensi itu juga dihadiri Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif di BPOM Rita Endang. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... YA Sebar 59 Video Porno Anak dan Orang Dewas Lewat Telegram


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BPOM   Perusahaan farmasi   obat   GPFI  

Terpopuler