Dukung Industri Beauty and Wellness RI, BPOM Gelar Wellfest 2025, Tahun Ini Lebih Lengkap & Seru

Senin, 12 Agustus 2024 – 22:01 WIB
Plt. Kepala BPOM, Rizka Andalusia saat membuka Appreciation Day Wellfest 2024, di Aula BPOM, Senin (12/8). Foto Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wellness Festival (Wellfest) 2024 sukses digelar dengan berbagai dampak positif.

Salah satunya menjadi penggerak ekosistem Beauty dan Wellness di tanah air, termasuk mendukung pelaku usaha dan meningkatkan literasi masyarakat terkait pentingnya wellness serta pengenalan produk pendukungnya. 

BACA JUGA: BPOM dan GAPMMI Ingatkan Pentingnya Keamanan Pangan

“Wellfest menjadi pembuka yang diharapkan jadi kegiatan rutin tahunan yang dapat direplikasi di daerah dalam bentuk serupa,” ujar Plt. Kepala BPOM Rizka Andalusia saat membuka Appreciation Day Wellfest 2024, di Aula BPOM, Senin (12/8).

Dia menjelaskan, upaya edukasi ini sejalan dengan program pemerintah untuk mengutamakan unsur promotif preventif yang intinya meningkatkan aktivitas membuat kesehatan jadi lebih baik secara menyeluruh, bukan hanya mengobati dan menyembuhkan. 

BACA JUGA: Tren Penyakit Bergeser, BPOM Ingatkan Masyarakat Pilih Pangan Aman

Selain ingin membuat masyarakat sehat, di satu sisi juga ingin membuat industri sehat dengan melakukan berbagai kegiatan business matching baik antara produsen dengan konsumen, maupun buyer ekspor dengan industri yang menghasilan bahan baku.

Rizka juga menyampaikan apresiasi bagi setiap pihak yang telah mendukung terselenggaranya Wellfest 2024: Natural, Beauty, and Wellness pada 2—4 Agustus 2024 lalu. 

BACA JUGA: Hati-Hati, BPOM Sebut Kadar Bromat dalam Air Minum Tak Boleh Melebihi Ambang Batas

Sebagai informasi, Wellfest 2024 melibatkan 67 pelaku usaha yang mengisi 80 booth dan hampir 350 ribu pengunjung yang antusias.

Welfest mengelar beragam talkshow dan workshop edukatif yang bermanfaat bagi para pelaku usaha dan masyarakat.

Sementara, melalui BPOM Help Desk di Wellfest 2024, BPOM mengeluarkan sejumlah surat Keputusan Registrasi, Izin Edar, dan Notifikasi; serta Pendampingan bagi 44 UMKM.

Sejumlah kerja sama yang bersifat pentahelix juga telah ditandatangani secara resmi dalam event tersebut. 

Pada kesempatan sama, Chief Executive Officer (CEO) Chemistry, Fauzy Harmoko, selaku inisiator dan penyelenggara Wellfest 2024 menyampaikan bahwa dari sisi dampak ekonomi, selain nilai transaksi yang dirasakan langsung melalui pemasaran produk dan layanan. 

Wellfest 2024 juga menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 500 tenaga kerja kreatif sepanjang penyelenggaraan kegiatan. 

Dia menegaskan Wellfest merupakan wujud kerja sama berbagai stakeholder, terutama dukungan pemerintah dan BPOM selaku regulator, para pelaku usaha, komunitas, pemberi edukasi, pengisi acara, media, serta Key Opinion Leader yang turut mengoptimalkan dampak positif Wellfest 2024.

“Chemistry menghadirkan Welfest untuk menjadi hub bertemunya semua kepentingan, untuk sharing role dan responsibilities, lahir dari kolaborasi banyak pihak,” ujarnya. 

Dia berharap, Wellfest 2025 akan memberikan imbas positif yang lebih besar. (esy/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler