Sinta Nuriyah Mendapat Gelar sebagai Ibu Bangsa

Rabu, 05 Desember 2018 – 16:25 WIB
Ny Hj Sinta Nuriyah Wahid mendapat gelar Ibu Bangsa, di acara peringatan Hari Ibu yang diselenggarakan KemenPPPA dan Kowani. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Ny Hj Sinta Nuriyah Wahid mendapatkan gelar sebagai ibu bangsa.

Gelar ibu bangsa ini menurut Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Ny Giwo Rubianto Wiyogo, diberikan atas jasa Ibu Sinta dalam memersatukan semua elemen bangsa.

BACA JUGA: Kiai Maruf & Pak Mahfud Berkumpul di Rumah Keluarga Gus Dur

"Ibu Sinta jasanya pada bangsa ini sangat besar. Semua suku, agama, dan ras dipersatukan. Bahkan hubungan antarbangsa," kata Giwo dalam Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 di Jakarta, Rabu (5/12).

Dia menegaskan, ibu bangsa lahir dari Kongres ke-2 Kowani 1935. Jadi ibu bangsa bukan saingannya emak-emak. Dia penentu masa depan bangsa, bukan sekadar ibu biologis. Intinya adalah menyiapkan generasi emas.

BACA JUGA: Pilih Ikut Jokowi atau Prabowo? Yenny Mau Beristikharah Dulu

"Ibu bangsa bersifat universal. Perempuan adalah ibu bangsa zaman now. Kodratnya perempuan adalah menstruasi, mengandung, melahirkan, dan menyusui. Jadi bukan dapur sumur kasur," ucapnya.

Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Pribudiarta Nur Sitepu mengatakan, PHI tahun ini menitikberatkan pada soal isu keluarga, hak anak dan gender. Agar semuanya terintegrasi maka ini dimasukkan dalam isu ketahanan keluarga.

BACA JUGA: Menteri Yohana Tunjukkan Kota Layak Anak Lewat Colombo Plan

"Bangsa akan kuat bila keluarga kuat. Keluarga bisa kuat bila hak anak dan gender diperkuat," terangnya. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sowan ke Ibu Sinta Wahid, Begini Permintaan Pak Jokowi


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler