Pemerintah Federal Australia akan menerapkan sistem peringkat bagi operator Premi asuransi kesehatan swasta dalam rangka membantu konsumen mengetahui dengan tepat apa yang mereka bayarkan.

Pemerintah Federal meluncurkan kategori baru, yakni  emas, perak, perunggu dan dasar - untuk lebih dari 70.000 polis asuransi kesehatan swasta di seluruh Australia, yang dimiliki oleh sekitar 13 juta orang Australia. Aturan baru ini akan mulai diberlakukan pada April tahun depan.

BACA JUGA: Tim Sepak Bola Thailand dan Pelatihnya Dibius Total

Menteri Kesehatan Federal, Greg Hunt berpendapat langkah itu akan memberi konsumen lebih banyak informasi tentang perlindungan yang mereka dapatkan, dan menetapkan tolok ukur untuk layanan minimum yang akan ditawarkan di bawah setiap kebijakan tanpa memandang perusahaan asuransi.

"Arti dari ini adalah kami mengambil kebijakan yang ada, tidak ada perubahan harga, tidak ada perubahan dalam cakupan, tetapi kami membuatnya lebih sederhana sehingga semua orang dapat melihat dalam satu halaman persis apa yang ada di tempat," katanya.

BACA JUGA: Bunuh Suami Dan Serang Anaknya, Ibu di Perth Dipenjarakan Seumur Hidup

Perubahan pada sistem ini akan menghasilkan lebih banyak perawatan kanker yang ditanggung oleh kesehatan pribadi, terutama untuk wanita yang menderita kanker payudara dan ovarium.

"Ada kesenjangan di masa lalu antara perlindungan yang didapatkan pria dan wanita untuk berbagai jenis kanker, jadi ini hari penting untuk perawatan kanker bagi wanita," kata Hunt.

BACA JUGA: Telan Boneka Sapi, Ular Piton Ini Terpaksa Dioperasi

Kritik oposisi

Menteri Kesehatan Bayangan Catherine King menyambut baik kategori-kategori baru itu, dan mengatakan langkah apa pun untuk meningkatkan pengetahuan konsumen adalah sebuah kemajuan.

Namun, Catherine King berpendapat bahwa pemerintah tidak berbuat banyak untuk menyingkirkan kebijakan berbiaya rendah yang hanya memberikan sedikit manfaat perlindungan.

"Apa yang dimaksudkan oleh Partai Buruh adalah bahwa kami akan menghapus rabat asuransi kesehatan swasta dari kebijakan-kebijakan sampah, khususnya yang hanya menawarkan asuransi kesehatan swasta di rumah sakit umum," katanya.

"Kami pikir itu tidak dibenarkan ketika Anda memiliki sejumlah konsumen yang menggunakan produk itu, terus terang, sebagai upaya untuk meminimalkan perpajakan dibandingkan dengan benar-benar mengakses asuransi kesehatan swasta.

"Apa yang kami lihat semakin meningkat di bawah Pemerintah ini adalah semakin banyak kerumitan dalam jenis produk yang beredar di masyarakat, lebih banyak pengecualian, semakin banyak biaya tambahan, lebih banyak celah dalam pembayaran produk tersebut, dan nilai uang yang semakin sedikit bagi konsumen."

Koalisi berpendapat pendekatan Partai Buruh terhadap kebijakan berbiaya rendah, yang akan diklasifikasikan sebagai "kategori dasar" di bawah sistem baru, akan lebih berbahaya daripada kebaikan.

"Saya tahu bahwa partai Buruh Australia (ALP) ingin secara efektif menyingkirkan kategori dasar, tetapi itu akan menyebabkan kenaikan harga premi sebesar 16 persen dalam asuransi kesehatan swasta, yang akan mendorong ratusan ribu, jika tidak jutaan konsumen keluar dari asuransi kesehatan swasta," kata Greg Hunt.

Private Healthcare Australia (PHA), yang mewakili perusahaan asuransi utama, menyambut langkah baru ini dan mengatakan akan menyampaikan informasi tentang perubahan itu kepada pelanggan awal tahun depan.

Organisasi itu juga membela kebijakan yang lebih murah.

"Kategori dasar dan perunggu juga menyediakan produk bagi konsumen pemula yang terjangkau untuk orang-orang yang lebih muda dan lebih sehat yang sering mengalami peningkatan seiring bertambahnya usia dan keadaan kehidupan mereka berubah," kata kepala eksekutif PHA Dr Rachel David.

"Masalah utama dengan tingkatan biaya yang lebih rendah adalah komunikasi yang efektif kepada konsumen tentang apa yang tidak tercakup sehingga mereka tahu apa yang mereka beli.

"Sistem klasifikasi dan informasi baru ini menjawab permasalah itu."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anak Tewas di Sydney, Wabah Flu Dikhawatirkan Memburuk

Berita Terkait