Siswa SD Otaki Pencurian

Rabu, 21 Desember 2011 – 10:20 WIB

JAMBI--Siapa sangka FR (12), siswa sekolah dasar (SD) yang bertubuh kecil itu menjadi otak pencurian di sejumlah toko baju dalam Kota JambiDia ditangkap bersama teman–temannya, yakni TZ (16) dan AS (16) saat mencuri pakaian di Toko Indo Garmen di kawasan Jalan Sentot Ali Basa, Payo Selincah, Jumat (15/12) lalu, sekitar pukul 12.30.

Ketiga pemuda yang tinggal di RT 04, Jalan Marene, Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Jambi Selatan itu ditangkap oleh karyawan toko yang curiga melihat gerak-gerik para tersangka

BACA JUGA: Istri Meninggal Usai Melahirkan, Suami Polisikan Bidan

“Mereka sering masuk ke toko, tapi jarang beli
Dari situlah kecurigaan karyawan toko muncul,” terang Kasi Humas Polsekta Jambi timur AIPTU AM Pasaribu, kemarin (19/12).

Ditambahkan, ketiga tersangka berhasil diamankan oleh anggota Polsekta Jambi Timur yang sedang patroli multi sasaran

BACA JUGA: Berkata Kotor, Ketua DPRD Dipolisikan

“Saat itu warga sedang ramai, melihat keadaan itu polisi langsung melarikan mereka ke polsek untuk diproses,” jelasnya.

Dari tangan para tersangka, petugas berhasil menyita enam pakaian dan satu kacamata dan sepeda motor Yamaha Jupiter MX BH 3849 MH
Dalam aksinya, ketiga tersangka berbagi tugas

BACA JUGA: Hirup Gas Beracun, Empat Tewas

Dikatakan Pasaribu, FR yang menjadi otak pencurian bertugas  mengambil pakaian, TZ memasukkan pakaian ke dalam tas sedangkan AS bertugas mengalihkan perhatian dengan mengajak ngobrol karyawan tokoKatanya, dari pengakuan ketiga tersangka, mereka telah melakukan pencurian sebanyak lima kali, “pengakuannya sih bukan untuk dijual, tapi dikenakan sendiri,” jelasnya.

FR saat diwawancarai membenarkan dirinyalah yang merencanakan pencurian di toko baju“Iya aku yang ngajak mereka,” bebernya.

Siang itu, terang FR, dirinya bersama TZ dan AS mengendarai motor AS meluncur ke toko Indo Garmen untuk mencuri pakaianNamun aksi tersebut ketahuan karyawan toko dan mereka diamankanNamun dia mengaku hanya dua kali melakukan pencurianPertama di salah satu toko kawasan Pasir Putih.“Pakaiannya aku pakai sendiri bukan untuk dijual,” urai siswa kelas enam itu.

Apa yang dilakukannya sebuah bentuk kecanduan setelah berhasil mencuri pakaian yang pertama“Karena candu aku mencuri lagi, sebelumnya aku diajari mencuri oleh temanku, J,” ujarnya, seraya mengatakan, aksi pencurian baru ditekuninya sekitar empat bulan lalu.

Sedangkan Tz mengatakan, apa yang mereka lakukan baru pertama kali“Aku diajak oleh Fr untuk mencuri pakaian saat itu,” terang pria yang saat ini duduk di kelas dua salah satu  SMP negeri di Kota Jambi itu.

Sementara itu, AS mengaku perbuatan yang dilakukannya sudah yang kedua“Sebelumnya aku sendirian mencuri pakaian di toko di Pasar Putih, aku beda sekolah dengan TZ,” tutur remaja yang juga masih duduk di bangku SMP tersebut.(*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Massa Bakar Rumah Gubernur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler