Siswi Peraih Nilai Sempurna untuk Matematika Jadi Rebutan

Senin, 05 Juni 2017 – 10:11 WIB
Putri Nurhaliza berhasil memperoleh nilai sempurna untuk ujian Matematika. Foto: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com, TERNATE - Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP telah diumumkan. Putri Nurhaliza, siswi SMP Negeri 1 Ternate berhasil memperoleh nilai sempurna untuk ujian Matematika. Ya, gadis berkerudung ini mendapat nilai 100 untuk Matematika-nya.

Seperti dilaporkan Malut Post (Jawa Pos Group), saat pengumuman kelulusan dilakukan, Putri tak kuasa menahan airmatanya. Kerja kerasnya belajar Matematika selama ini ternyata tak sia-sia.

BACA JUGA: HEBAT! Siswa Peraih Nilai Tertinggi Ini Jago Ngaji

”Saya sebenarnya tidak begitu suka dulunya dengan Matematika. Namun berkat didikan para guru, orang tua serta tekad dan ketekunan, akhirnya saya menyukai mata pelajaran yang menurut sebagian siswa menjadi momok yang menakutkan,” ungkapnya saat ditemui di kediamannya Kelurahan Salero, Ternate Utara, Minggu (4/6).

Salah satu jurus yang ia gunakan untuk meraih nilai 100 adalah menyiapkan semuanya dengan seksama. Putri mengaku kerap belajar Matematika secara otodidak.

BACA JUGA: Kota Malang Peringkat Tertinggi Nilai UNBK, Tapi…

”Belajarnya hanya di rumah, tanpa ada les. Saya hanya mengulang mata pelajaran yang didapat dari sekolah saja. Jika tidak paham, buka referensi lewat internet," ujarnya.

Dara kelahiran 5 Desember 2001 tersebut mengaku amat senang dan bangga. Padahal awalnya, ia hanya menargetkan bisa lulus UN saja. ”Memang tidak menyangka. Senang sekali ketika mendengarnya. Awalnya hanya ingin lulus saja, tetapi saat pengumuman dan dibacakan nilai tertinggi Matematika amat senang,” ujar Putri.

BACA JUGA: Komisi X DPR Tinjau Persiapan UNBK SMP Kabupaten Bekasi

Bungsu dari empat bersaudara ini memiliki pola belajar yang tak jauh berbeda dibanding teman-temannya. Hanya saja, ia selalu mengulang materi pelajaran yang didapat setelah makan siang. ”Ketika pulang, apa yang didapat di sekolah saya ulang kembali di rumah. Itu pun kalau tidak ngantuk. Kalau ngantuk, tidur dulu. Bangun baru lanjut belajar," katanya sembari tertawa.

Putri mengaku memiliki trik khusus untuk mendapat nilai ujian yang gemilang. Sejak awal semester I di bangku kelas 7, ia mulai fokus mempelajari materi mata pelajaran yang akan diujikan. Metode ini berlaku untuk semua mapel. Hanya saja, Matematika memang ia favoritkan.

”Bukannya mengesampingkan mata pelajaran lain, tapi saya lebih banyak fokus di mata pelajaran Matematika. Memang mata pelajaran ini sangat saya senangi. Dan proses penguatan mata pelajaran ujian ini terus saya tekuni mulai dari ikut lomba Olimpiade hingga naik kelas III," tuturnya.

Anak pasangan Eddy Satria dan Wilda Iranel ini mengaku orangtuanya tak pernah memaksanya untuk belajar. Bahkan jika ia mulai terlalu serius belajar, ayah dan ibunya kerap menggodanya.

”Mereka bilang jangan terlalu serius belajar. Banyak santai juga, jangan sampai stres," ungkapnya.

Lulus dengan prestasi yang mentereng, membuat Putri jadi rebutan banyak SMA favorit di Ternate. SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 8, misalnya. SMA Negeri 1 bahkan bersedia menggratiskan seluruh biaya sekolah Putri. ”Tapi kata ibu dan ayah, terlalu jauh dengan rumah. Terus saran kakak juga lebih baik ke SMAN 8 saja karena pendidikan agamanya sangat bagus," katanya polos.

Ibunda Putri, Wilda, saat diwawancarai kemarin mengatakan putrinya selalu belajar secara otodidak. "Disuruh kursus, nggak mau. Maunya hanya mengulang saja mata pelajaran dari sekolah, serta lewat internet saja. Dia mengatakan kalau les kurang fokus," ujar Wilda.

Kepala Sekolah Putri, Mustamin Hamzah menambahkan, siswanya tersebut merupakan murid yang pandai. Sejak awal, para guru sudah memprediksi ia akan berhasil dalam pendidikannya.

”Sejak awal masuk sudah terlihat kepintarannya. Bahkan, dia selalu juara umum sejak kelas 1,” tutur Mustamin.

Mustamin bahkan sudah memprediksi Putri bakal menjadi rebutan banyak sekolah lantaran prestasinya yang gemilang. "Memang ada tawaran banyak sekolah untuk dirinya, namun semua kita kembalikan ke dirinya," tandasnya.(tr-05/far/kai)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siswi SMP Sering Mual dan Muntah, Dibawa ke Bidan, Ibunya Kaget


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler