Skill Kazu, Popularitas Nakata

Rabu, 02 Februari 2011 – 23:17 WIB
Keisuke Honda meraih triple sukses di Piala Asia 2011Selain mengantarkan Jepang meraih juara kali keempat, dia terpilih sebagai pemain terbaik dan mencetak gol ke-1000 dalam sejarah Samurai Biru (sebutan Jepang).

TAMPILNYA Honda sebagai pemain terbaik Piala Asia memang masih diperdebatkan

BACA JUGA: DPR Desak Polisi Usut Surat Cohen

Kendati mengantarkan Jepang juara, playmaker 24 tahun itu dianggap tidak tampil menonjol
Aksi Honda juga masih kalah impresif dibandingkan saat membawa Samurai Biru lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Honda pun mengakuinya

BACA JUGA: Torres ke Chelsea, Carroll ke Liverpool

Pemain berambut pirang itu menyebut rekan setimnya sekaligus gelandang bertahan Jepang, Yasuhito Endo, lebih layak menerimanya
Dari lima kali penampilannya di Qatar, Honda hanya mengemas satu gol.

Tapi, perlu dicatat apabila sebiji gol yang dilesakannya ke gawang Syria di fase grup (13/1) itu membuat Honda dicemburui rekan setimnya

BACA JUGA: Cruyff: Jangan Coret Dulu Real

Bagaimana tidak, gol dari penalti pada menit ke-82 itu tidak sekadar gol yang memastikan kemenangan Jepang 2-1.

Gol itu sekaligus menjadi gol keseribu Samurai BiruGol pertama Jepang dicetak Ryuzo Shimizu saat kalah 2-1 dari Filipina di Osaka pada 1923"Yang paling penting adalah hasil akhir pertandinganHanya, saya memang sedikit nervous sebelum menendang karena kami harus menang," ungkap Honda terkait golnya ke gawang Syria, seperti dilansir Reuters.

Sebelum menjadi pencetak gol keseribu Jepang, Honda pernah mencetak gol krusial bagi negerinyaDi Piala Dunia 2010 lalu misalnyaGol semata wayang pemain berjuluk Kaiser Keisuke itu mengantarkan Jepang mengalahkan Kamerun di laga pertamanyaHonda juga mencetak gol melalui free kick cantik, saat Samurai Biru mengatasi Denmark 3-1 di laga terakhir grup.

"Golnya (dari free kick) fantastisSaya tidak pernah melihat pemain dengan skill hebat seperti dirinya sejak Kazu," kata Takeshi Okada, pelatih Jepang di Piala Dunia 2010.

Kazu yang dimaksud Okada adalah striker Jepang dekade 1980-an dan 1990-an, Kazuyoshi MiuraDibandingkan Kazu yang kini masih aktif bermain meski usianya 43 tahun, Honda mungkin masih kalah dalam urusan gelar, baik tim maupun individuTapi, dengan predikat pemain terbaik Piala Asia 2011, Honda setidaknya merintis jejak Kazu kala menerima award serupa pada 1992.

Selain Kazu, Honda disebut-sebut mewarisi apa yang pernah melekat pada diri Hidetoshi NakataNama terakhir adalah mantan playmaker Jepang yang pernah membela klub Eropa seperti AS Roma, Parma, Fiorentina, sampai Bolton Wanderers.

Apa yang diwarisi Honda dari Nakata? Tak lain popularitasHonda tak diragukan lagi telah menjadi ikon fashion Jepang di lapangan hijauPenampilan dandy Honda dengan rambut blonde dan busana rancangan desainer ternama, memang mengingatkannya akan sosok Nakata.

Beberapa pihak menilai Honda bakal melebihi Nakata setelah terpilih dalam "40 Orang yang Menjadi Ikon Style Seabad Terakhir" versi L"officiel Hommes, TiongkokTampangnya yang kakko-ii (cool) makin menguatkan citra dirinya sebagai pria metroseksual di Jepang dari kalangan olahragawan.

"Setelah Hide (Nakata) pensiun, Keisuke mampu menggantikan popularitas pesepakbola JepangDibandingkan Nakata, Honda mampu memadukan fokus bermain sepak bola dengan popularitasnya di lapanganDia adalah David Beckham-nya Asia yang sesungguhnya," klaim L"officiel Hommes(dns/ito/jpnn)

Data Diri Honda

Nama Lengkap    : Keisuke Honda
Julukan                  : Kaiser Keisuke
Kebangsaan         : Jepang
Lahir                       : Settsu, Osaka, 13 Juni 1986
Posisi                     : Gelandang serang
Tinggi/Berat           : 182 cm/74 kg
Karir Klub   
1998                       : Settsu FC
1999-2001            : Gamba Osaka (junior)
2002-2004            : Seiryo High School (junior)
2005-2007            : Nagoya Grampus Eight    
2008-2009            : VVV-Venlo    
2010-                     : CSKA Moskow
Karir Timnas        :
2005                      : Jepang U-20 (1 caps)
2006-2008           : Jepang U-23 (18 caps/4 gol)
2008-                    : Jepang (28 caps/7 gol)
Prestasi               :
- Juara Eerstedivisie 2008-2009
- Pemain terbaik Eerstedivisie 2008-09
- Juara Copa del Sol 2010
- Juara Piala Asia 2011
- Pemain Terbaik Asia 2011

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemain Seleksi Persebaya Out


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler