Slovenia v Inggris: 'Do or Die'!

Rabu, 23 Juni 2010 – 05:08 WIB
UNDERDOG - Pemain Slovenia saat merayakan gol mereka ke gawang AS, di Ellis Park, 18 Juni lalu. Foto: Getty Images/FIFA.com.

PORT ELIZABETH - Status unggulan plus tergabung di grup yang relatif ringan, ternyata tidak menjadi jaminan buat Inggris untuk lolos ke 16 Besar dengan mudahFaktanya, Wayne Rooney dkk harus menunggu hingga matchday terakhir untuk memastikan tiket

BACA JUGA: Jagoan Tanah Liat Berguguran

Yakni ketika mereka menghadapi Slovenia di Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth, nanti malam (siaran langsung RCTI pukul 21.00 WIB).

Melawan anak buah Matjas Kek, Inggris wajib menuai poin penuh
Bahkan harus dengan skor besar

BACA JUGA: Korsel Seri 2-2, Dampingi Argentina

Pasalnya, Amerika Serikat (AS) yang juga berpeluang lolos, pasti akan all-out menaklukkan Aljazair
Three Lions - sebutan Inggris - baru bisa lolos jika mereka unggul produktivitas gol atas AS.

Masalahnya, menang besar atas Slovenia bukan perkara gampang

BACA JUGA: F10 Baru Siap Taklukkan Valencia

Meski diperkuat penyerang macam Wayne Rooney dan Emile Heskey, perolehan gol Inggris sangat payahSejauh ini, mereka baru mengemas satu gol, hasil imbang 1-1 dengan AS di matchday pertamaTidak mengherankan kalau internal Inggris kini dilanda frustrasi.

Dalam sesi latihan Senin (21/6), terbersit kabar bahwa pelatih Fabio Capello berselisih dengan sejumlah pemainDi antaranya adalah mantan kapten John TerryMeski hal itu dibantah oleh anggota tim lainnya, tidak bisa dipungkiri bahwa Inggris kini sedang panik.

"Saya rasa itu wajarInggris terdiri dari sekelompok pemain hebat yang ingin memenangkan pertandingan, dan belum berhasilBohong kalau saya bilang kami gembira dengan keadaan ini," ungkap kiper David James, sebagaimana dilansir Guardian"Memang kami sedang dalam krisis, tapi itu bukan sesuatu yang harus disebut-sebut," lanjut penjaga gawang berusia 39 tahun itu.

Meski demikian, lanjut James, para pemain bisa bersikap profesional"Tim ini sudah kembali mendapatkan kepercayaan diri, dan itu yang terpentingSecara kualitas, kami ada di atas Slovenia, dan kami bisa mengatasi merekaKami konfiden bisa lolos ke babak selanjutnya," papar kiper Portsmouth tersebut.

James boleh percaya diriNamun, problem yang dihadapi besutan Fabio Capello tersebut bukan hanya di luar lapanganDalam laga nanti malam, Inggris juga kehilangan bek tengah Ledley King yang cedera, serta Jamie Carragher yang kena akumulasi kartuKeputusan Capello menerjunkan defender veteran Matthew Upson cukup beresiko.

Selain itu, pelatih asal Italia itu juga belum menemukan jawaban atas mandulnya barisan penyerang timnyaAda kemungkinan, kali ini dia bakal memasang Joe Cole untuk menggantikan Heskey yang penampilannya kurang menggigit di dua laga sebelumnya.

"Saya sangat berharap pemain bisa membebaskan pikiran dari segala beban, dan mulai bermain lepasKalau itu bisa dilakukan, kami akan menunjukkan kekuatan seperti Inggris yang saya kenal," harap Capello, seperti dikutip situs resmi FIFA.

Di sisi lain, Slovenia menghadapi matchday terakhir ini dengan santaiPasalnya, Robert Koren dkk hanya perlu hasil imbang untuk mengunci tiket ke 16 BesarNamun, bukan hasil pas-pasan yang dikejar negeri pecahan Yugoslavia tersebutKoren dkk bertekad mengalahkan Inggris demi mengamankan posisi juara grup.

"Saya melihat pertandingan mereka ketika melawan AS dan AljazairMenurut saya, mereka punya sejumlah sisi positif, dan banyak sisi negatifSejauh ini, mereka belum menunjukkan kekuatan sesungguhnya," papar Koren, seperti dikutip Associated Press"Pastinya, itu memberi kami harapanTapi kita lihat saja besok (malam ini, Red)," lanjut kapten Slovenia tersebut.

Pelatih Kek setuju, timnya tidak akan bermain pas-pasan hanya untuk mengejar hasil seriSebaliknya, dia ingin timnya all out demi memukul Inggris, demi kebanggaan publik Slovenia"Ini adalah pertandingan do or die buat InggrisMereka tidak bisa membayangkan bagaimana kalau kalahKami bisa memanfaatkan ketakutan mereka," ungkap Kek kepada koran Ekipa.

"Tim saya sudah banyak berbenah setelah hasil imbang 2-2 melawan AS (18/6)Mereka sudah mempelajari semua kesalahan, dan kami sepakat untuk tidak mengulangnyaKami akan sangat menyesal kalau gagal lolos setelah perjuangan di fase grup sejauh ini," tegas pelatih berusia 48 tahun tersebut(na/ito/jpnn)

Data Pertandingan

Stadion: Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth
Kapasitas: 46 ribu penonton
Wasit: Wolfgang Stark (Jerman)

Perkiraan Pemain

Slovenia (4-4-2): 1-Handanovic (g); 2-Brecko, 4-Suler, 5-Cesar, 13-Jokic; 10-Birsa, 8-Koren, 18-Radosavljevic, 17-Kirm; 9-Ljubijankic, 11-Novakovic
Pelatih: Matjas Kek

Inggris (4-4-2): 1-James (g); 2-Johnson, 15-Upson, 6-Terry, 3-A Cole; 7-Lennon, 8-Lampard, 14-Barry, 4-Gerrard; 10-Rooney, 11-J Cole
Pelatih: Fabio Capello

Head to Head
05/09/09     Inggris v Slovenia     2-1

Di atas kertas
Kedua tim belum pernah bertemu di even resmiMereka baru bertemu tahun lalu, dan Inggris memenangi laga uji coba tersebutSementara itu, dalam partisipasi PD sebelumnya, Inggris hanya sekali kalah di laga terakhir fase grup, yakni di edisi 1950.

Bursa Asian Handicap
Slovenia v Inggris    1 1/2 : 0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dari Daftar Cadangan ke Babak Utama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler