SNPMB 2023: Seleksinya Istimewa, Satu Kali Daftar, Sekali Tes

Rabu, 11 Januari 2023 – 23:51 WIB
Plt Dirjen Diktiristek Nizam menyampaikan perubahan mendasar dalam penerimaan mahasiswa baru. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com - Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam menyampaikan seleksi masuk perguruan tinggi negeri di tahun 2023 merupakan hal yang istimewa.

Seleksi yang berbasis tes ini nantinya akan terintegrasi antara vokasi maupun akademik.

BACA JUGA: SNPMB 2023, Kemendikbudristek Gencar Menyosialisasikan Mekanismenya ke Berbagai PTN

"Seleksi ini dilakukan dengan hanya cukup mendaftar dan melaksanakan tes sekali," kata Nizam, Rabu (11/1).

Dia menjelaskan calon mahasiswa baik dari SMA/SMK/MA cukup mendaftar sekali dan pilihannya bisa ke politeknik, universitas atau institut dan sebagainya.

BACA JUGA: SNPMB 2023: Cermati Tahapan Jalur SNBP & SNBT, Jangan Keliru

Secara terbuka dan sangat efisien, hemat waktu dan biaya bagi calon mahasiswa serta lebih efisien dalam segi penyelenggaraan.

Lebih lanjut Nizam menerangkan transformasi penting pada seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru atau SNPMB 2023, yakni tes masuk tidak lagi berbasis subjek mata pelajaran, tetapi kesiapan belajar di perguruan tinggi. 

BACA JUGA: SNPMB 2023: Jika Datanya Tidak Valid, Ini yang Harus Dilakukan Siswa 

Dia mengingatkan sekolah-sekolah untuk segera melakukan pembuatan akun agar dapat mendaftar masuk perguruan tinggi baik berbasis prestasi maupun berbasis tes.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati menyampaikan bahwa kementerian mendorong integrasi seleksi mahasiswa baru perguruan tinggi negeri baik vokasi maupun akademik demi menyukseskan program Kampus Merdeka. 

"Kami minta mereka yang ada di SMA/SMK/MA dapat secara lebih terbuka memilih pendidikannya di perguruan tinggi," ungkap Kiki. 

Kiki menambahkan bagi calon mahasiswa dari SMA/SMK/MA yang ingin memilih vokasi terdapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Kemudian bagi calon mahasiswa dari SMA/SMK/MA yang ingin mendaftar di universitas bisa memilih D-3/D-4.

Sementara itu, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Muhammad Ashari menyebutkan terdapat 137 peserta SNPMB 2023 yang terdiri dari 76 PTN akademik, 43 PTN Vokasi/Politeknik Negeri, dan 18 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler