Soal Dampak Resesi Ekonomi, Komjen Gatot Eddy: Polisi Siap Melakukan Pengamanan

Minggu, 30 Oktober 2022 – 10:33 WIB
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. Foto: Ricardo

jpnn.com - JEMBER - Pada 2023 kondisi perekonomian global diperkirakan akan menghadapi resesi.

Sejumlah negara akan mengalami keruntuhan, banyak perusahaan bangkrut dan pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja secara besar-besaran.

BACA JUGA: Kasus Gagal Ginjal Akut, Habib Aboe Minta Polri Lakukan Penegakan Hukum

Situasi itu tidak menutup kemungkinan menimbulkan potensi kerawanan dan tindakan kriminal di tengah masyarakat.

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menyatakan bahwa Polri siap melakukan pengamanan atas dampak resesi ekonomi yang muncul di tengah kehidupan masyarakat. Mantan Kapolda Metro Jaya itu Polri akan mendata potensi kerawanan dan persoalan yang muncul di tengah masyarakat.

BACA JUGA: Irjen Fadil Kumpulkan Anggotanya, Citra Polri Harus Diselamatkan Sesuai Keinginan Jokowi

"Terkait prediksi resesi ekonomi, polisi selalu siap karena tugas polisi memelihara keamanan, penegakan hukum, melindungi, dan mengayomi masyarakat," kata Komjen Gatot kepada wartawan seusai menghadiri pengukuhan dua guru besar Universitas Jember, Sabtu (29/10).

Mantan Kapolda Metro Jaya itu mengatakan aparat kepolisian akan selalu siap dalam menciptakan rasa aman di tengah masyarakat. Sebab, ujar jenderal bintang tiga itu, selama ini setiap anggota polisi sudah dibekali langkah-langkah cara pengamanan.

BACA JUGA: Sikapi Resesi Global dan Tahun Politik, Fajar Hasan Berharap Iklim Investasi Tetap Stabil

"Setiap anggota polisi sudah dibekali cara-cara dalam mengendalikan pengamanan, baik dalam situasi yang kondusif maupun situasi yang genting," ungkapnya.

Komjen Gatot menjelaskan aparat kepolisian sudah dibekali dengan pelatihan-pelatihan, termasuk seperti saat ini polisi sudah terlatih dalam melakukan pengamanan kegiatan KTT G20 di Bali.

"Kami juga tidak memungkiri bahwa pada resesi ekonomi akan berdampak pada tingkat keamanan di tengah masyarakat sehingga Polri akan mendata potensi-potensi kerawanan, serta persoalan yang muncul di tengah masyarakat," ujarnya.

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 itu menambahkan hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui cara penindakan sehingga Polri bisa melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganannya.

"Polri akan mendata potensi-potensi yang timbul dari resesi ekonomi, termasuk persoalan yang muncul, untuk mencari cara penindakan agar bisa ditemukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan terbaik," ungkap Komjen Gatot Eddy Pramono. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler