Soal Kedatangan 127 WNA Berpaspor India, Bang Melki Merespons Begini

Jumat, 23 April 2021 – 14:10 WIB
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Emanuel Melkiades Melki Laka Lena. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mendesak pemerintah Indonesia lebih ketat mencegah penularan Covid-19, menyusul masuknya 127 warga negara asing (WNA) berpaspor India ke tanah air.

Melki, sapaaan Emanuel Melkiades Laka Lena, tidak ingin Indonesia dimasuki virus Covid-19 varian baru dari datangnya 127 WNA berpaspor India. Apa lagi di negara beribu kota New Delhi itu tengah terjadi tsunami Covid-19 varian baru.

BACA JUGA: Rakyat Dilarang Mudik, tetapi Ratusan WNA Asal India Bebas Masuk RI, Aneh

"Penting mengantisipasi dampak dari kehadiran 127 WNA India yang masuk ke Indonesia," kata Melki dalam layanan pesan, Jumat (23/4).

Menurut legislator daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) II itu, WNA berpaspor India yang masuk ke Indonesia harus dites Covid-19 secara berulang.

BACA JUGA: Wakil Ketua DPD RI Minta 135 WNA Asal India Dikarantina 2 Pekan

WNA negara Bollywood itu juga perlu diisolasi selama menjalani tes. Jika diperlukan, para WNA berpaspor India bisa ditempatkan di sebuah pulau selama menjalani tes.

"127 warga negara India diisolasi di suatu pulau tertentu, misalnya di Pulau Seribu," ujar legislator fraksi Golkar itu.

BACA JUGA: Diduga Terkait dengan Barang Haram dari Jerman, WNA Nigeria Terancam Hukuman Mati

Menurut Melki, penting melakukan isolasi kepada 127 WNA berpaspor India di sebuah pulau. Hal itu demi meminimalisir jumlah kontak antara WNI dengan 127 WNA tersebut.

"Jadi mereka dibiarkan untuk hidup normal, tetapi terbatas untuk bertemu dan berinteraksi," ujar dia.

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Benget Saragih menyebut Indonesia kedatangan ratusan Warga Negara Asing (WNA) dari India melalui Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (21/4) malam.

Benget mengaku cukup khawatir akan kedatangan 127 WNA India itu. Apa lagi  India tengah dilanda badai penularan Covid-19 dalam dua bulan terakhir.

Hal itu dipicu penyelenggaraan pemilu, sejumlah acara keagamaan yang melibatkan banyak orang, dan kendornya pelaksanaan protokol kesehatan.

Selain itu, India diketahui tengah berjibaku melawan mutasi virus Covid-19 varian B1617 yang bermuatan mutasi ganda.(ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler