Soal Rumor Bobby Nasution Mau Ambil PSMS Medan, Begini Reaksi Edy Rahmayadi

Jumat, 28 Januari 2022 – 21:16 WIB
Gurbernur Sumut Edy Rahmayadi komentari soal isu Bobby Nasution mau ambil alih pengelolaan PSMS Medan. Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - PSMS Medan gagal lolos ke Liga 1. Suara evaluasi total managemen tim berjuluk Ayam Kinantan itu pun terus mencuat.

Pembina PSMS Medan Edy Rahmayadi tidak keberatan apabila ada yang ingin mengambil alih PSMS, termasuk Wali Kota Medan Bobby Nasution.

BACA JUGA: L Larikan Mbak R si Janda Muda, Lalu Dititip di Rumah Sepupu, Ujungnya Pahit

Hanya saja Edy mengingatkan menantu Presiden Jokowi itu untuk tidak menjadikan PSMS Medan sebagai alat politik.

"Kalau wali kota pengin kelola PSMS, kelola," ujarnya di Medan, Jumat (28/1).

BACA JUGA: Edy Rahmayadi Ungkap Penyebab Kualitas PSMS Medan Buruk, Oh Ternyata

Mantan Ketua Umum PSSI itu menginginkan ketika PSMS dikelola orang lain maka prestasinya harus naik, bukan malah sebaliknya.

Edy menegaskan bahwa PSMS merupakan salah satu heritage, punya sejarah panjang dan prestasi di kancah persepakbolaan Indonesia, khususnya Sumut.

BACA JUGA: Bripka BT Tetap Dipecat, Kelakuannya Sungguh Bikin Malu Polri

Menurut dia banyak pemain nasional maupun pemain ternama dahulunya dilahirkan dari klub tersebut.

"Dengan syarat jangan kau hancurkan PSMS. Karena itu kebanggaan rakyat Sumut. Saya mohon itu dimengerti," katanya.

Ia mengaku pertama kali memegang PSMS Medan saat menjabat Pangdam I/BB atau sekitar tahun 2015 lalu. Di mana saat itu terjadi dualisme kepengurusan atau managemen.

Tak sampai di situ, banyak kendala ketika mengambil alih PSMS Medan. Sejumlah sponsor yang ingin bekerja sama dengan terpaksa undur diri, akibat adanya gugatan penggunaan logo klub, yang akhirnya harus diputuskan di pengadilan.

"Tahun 2015 PSMS ini saya ambil paksa. Kalian tahu enggak, tahun 2015 saya sebagai apa? Pangdam. Saya Pangdam, Saya duduk kan, begini, PSMS saya ambil. Dilaporkan lah saya ke polisi segala macam," ungkapnya.

Di awal mengurusi PSMS, Edy mengaku tak sedikit dana yang ia kucurkan untuk tim kebanggaan warga Kota Medan itu.

Bahkan ia menyebut, karena PSMS sudah berstatus Perseroan Terbatas (PT), maka ia pun memiliki 51 persen saham, sisanya diberikan kepada pihak yang peduli dengan klub tersebut.

"Di awal habis Rp 6 miliar, bayar ini, bayar laundry, tiket pesawat, gaji pemain," sebut Edy.

Perlahan, PSMS pun akhirnya promosi ke Liga 1 2018, setelah berhasil menjadi runner up, usai kalah dengan skor 2-3 dari Persebaya Surabaya di Final Liga 2 tahun 2017.

"Saya Pangdam masuk ke Liga 1. Berangkat saya ke Jakarta. Segala macam lah. Masuk lagi ke Liga 2. Turun lagi," kata mantan Ketua Umum PSSI itu.

Upaya dirinya mengembalikan tim Ayam Kinantan ke Liga 1 musim depan gagal, meski klub memiliki materi pemain yang menurutnya layak.

Edy pun menyebut, kegagalan tersebut bukan salah dipengelolaan, tetapi kurangnya pembinaan pemain muda.

"Kemarin saya mau masuk ke Liga 1 apa pun, saya bayar. Tak boleh PSMS gunakan dana APBD. PSMS itu PT sekarang. Terus siapa yang dibayar? pemain bola. Itu sekarang bayarannya Rp 500 juta, Rp 250 juta, Rp 300 juta. Namun, kalau dihitung Ronaldo atau dihitung dengan Messi. Messi itu hitungannya sudah triliunan. Kalau mau menang, beli pemain," jelasnya.

Harapannya, pada kompetisi mendatang PSMS Medan bisa benar-benar promosi ke Liga 1. Tentunya kesiapan dana dan kualitas pemain menjadi kunci keberhasilan.

BACA JUGA: Kapolresta Banjarmasin: Kalau Sampai Bripka Bayu tak Dipecat, Jabatan Saya Taruhannya

"Bagaimana progres ke depan, harus masuk Liga 1. Liga 2 aja butuh uang Rp 12 miliar. Orang hanya melihat Rp 12 miliar. Pertanyaan kalau Liga 1, Mul (Mulyadi Simatupang) berapa duit? Rp 25 miliar paling sedikit," pungkasnya.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler