Soal Seleksi Paskibraka 2024, Kepala BPIP Singgung Calon Pemimpin Berkarakter Pancasila

Selasa, 25 Juni 2024 – 06:51 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D bersama Wakil Kepala BPIP Dr. Rima Agristina selaku Pengarah Program Paskibraka saat konferensi pers pada Senin (24/6). Foto: Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak khususnya Panitia Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) baik di tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi maupun di tingkat pusat atas kerja keras dan pengabdiannya selama pelaksanaan proses rekrutmen dan seleksi calon Paskibraka tahun 2024.

“BPIP senantiasa berupaya agar Pembentukan Paskibraka setiap tahunnya makin baik, yaitu memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi Paskibraka dengan standarisasi Pembentukan Paskibraka yang ditetapkan BPIP,” ucap Yudian Wahyudi dalam konferensi pers pada Senin (24/6).

BACA JUGA: Komisi II DPR RI Dorong Penguatan Kelembagaan BPIP Melalui Undang-Undang

Menurut Yudian, Hasil Verifikasi Calon Paskibraka Tingkat Pusat tahun 2024 telah disampaikan kepada seluruh Panitia Seleksi Tingkat Provinsi pada Jumat, 21 Juni 2024.

Lebih lanjut, Yudian menjelaskan sesuai Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022, Program Paskibraka merupakan pengaderan calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila.

BACA JUGA: BPIP Minta Anggaran Rp 45 M untuk Bayar YouTuber dan TikToker

Oleh karena itu, Pembentukan Paskibraka adalah proses manajemen talenta nasional dari putra-putri terbaik bangsa.

Dia berharap anggota Paskibara pada masa depan akan menjadi pemimpin Indonesia di berbagai bidang yang berkarakter Pancasila.

BACA JUGA: Kepala BPIP Profesor Yudian Kukuhkan Paskibraka 2023 Menjadi PDP

Wakil Kepala BPIP Dr. Rima Agristina selaku Pengarah Program Paskibraka mengatakan proses pembentukan Paskibraka dilaksanakan secara berjenjang.

Sejak proses pembentukan di tingkat kabupaten/kota, BPIP telah memonitor pelaksanaan rekrutmen dan seleksi agar dilaksanakan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh BPIP. 

Pada pelaksanaan di tingkat provinsi, panitia seleksi tingkat pusat hadir di 38 provinsi, mengawal jalannya pelaksanaan rekrutmen dan seleksi pada tingkat provinsi untuk memastikan terpenuhinya standar pembentukan Paskibraka sesuai petunjuk teknis yang telah disampaikan BPIP kepada panitia seleksi di tingkat daerah, baik melalui bimbingan teknis yang telah dilaksanakan secara luring pada tanggal 30-31 Januari di Jakarta maupun  petunjuk teknis yang telah disampaikan secara tertulis.

Untuk memastikan kualitas Calon Paskibraka Tingkat Pusat, mulai Tahun 2024 Verifikasi Calon Paskibraka Tingkat Pusat dilaksanakan terpusat di Jakarta.

Menurut Rima, berdasarkan hasil seleksi pada tingkat provinsi, panitia seleksi tingkat provinsi melaksanakan pemeriksaan kesehatan awal kepada  4 orang (2 pasang) calon Paskibraka sesuai urutan peringkat tertinggi di provinsi.

Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut kemudian dikirim kepada Panitia Pusat untuk dilaksanakan verifikasi awal.

Apabila dari hasil verifikasi awal tersebut, sudah terdapat kriteria/persyaratan yang tidak terpenuhi, maka calon paskibraka tersebut tidak lolos untuk menjadi Calon Paskibraka Tingkat Pusat.

Panitia Seleksi Tingkat Pusat kemudian meminta Panitia Seleksi Tingkat Provinsi untuk mengirimkan calon pengganti, yaitu calon dengan peringkat dibawahnya di tingkat provinsi untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan awal.

“Selanjutnya, para calon Paskibraka dari setiap Provinsi, mengikuti Verifikasi di Jakarta. Verifikasi di Jakarta dilakukan lebih ketat lagi dengan pemeriksaan kesehatan yang melibatkan para dokter spesialis dan psikolog,” ujar Rima.

Rima menambahkan Panitia Seleksi Tingkat Pusat kemudian melaksanakan rapat penentuan akhir untuk menentukan Calon Paskibraka Terpilih dari setiap Provinsi yang akan ditugaskan di tingkat pusat dan cadangan yang akan tetap bertugas di Provinsi.

“Penentuan Calon Paskibraka Terpilih Tingkat Pusat dan Cadangan Calon Paskibraka Tingkat Pusat yang bertugas di Provinsi dilaksanakan sesuai peringkat hasil Verifikasi Tingkat Pusat. Panitia melaksanakan penentuan Calon Paskibraka Tingkat Pusat secara objektif, berdasarkan peringkat hasil Verifikasi sesuai persyaratan/kriteria yang telah ditetapkan,” ujar Rima.

"BPIP mengapreasiasi adanya atensi dari berbagai pihak yang disampaikan kepada BPIP terhadap para calon Paskibraka. Namun demikian, Panitia Seleksi Tingkat Pusat sesuai arahan Dewan Pengarah BPIP tetap melaksanakan proses Verifikasi secara objektif tanpa intervensi dari pihak manapun,” ujar Rima.

Dalam kesempatan ini, Rima menyampaikan kepada calon Paskibraka di seluruh Indonesia bahwa mereka yang telah diumumkan sebagai Calon Paskibraka Terpilih Tingkat Pusat Tahun 2024 adalah mereka yang sungguh-sungguh menduduki peringkat tertinggi berdasarkan Hasil Verifikasi Tingkat Pusat yang telah diikuti para calon yang mewakili provinsi masing-masing.

Rima menegaskan proses Pembentukan Paskibraka Tingkat Pusat mengedepankan integritas dan objektivitas selama proses pelaksanaan seleksi. 

“Adik-adik calon Paskibraka yang diumumkan sebagai cadangan, melaksanakan tugas di provinsi. Semua calon Paskibraka dari Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Pusat agar mulai berkonsentrasi untuk mengikuti Pemusatan Diklat sesuai tingkatannya, untuk dapat dikukuhkan sebagai Paskibraka,” tegas Rima.

Rima mengatakan semua Paskibraka memiliki kesempatan yang sama untuk dapat menjadi Purnapaskibraka Duta Pancasila setelah purnatugas dengan mengikuti seluruh proses yang disyaratkan dalam ketentuan.

Karakter Calon Pemimpin

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengajak seluruh tokoh, petinggi/pejabat, orang tua para calon Paskibraka dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama memberikan pemahaman karakter calon pemimpin yang ber-Pancasila.

“Marilah kita bersama-sama memberikan contoh kepada anak-anak kita, untuk meletakkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan individu atau kelompok,” ujar Yudian.

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina sekaligus Pengarah Program Paskibraka menjelaskan seorang anggota Paskibraka dalam melaksanakan tugasnya adalah menjadi bagian dari suatu Pasukan.

“Keberhasilan dari pelaksanakan tugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, ditentukan oleh kemampuan dan kondisi setiap anggotanya sehingga diperlukan kondisi fisik dan mental yang prima dari seorang paskibraka untuk dapat melaksanakan tugas pada Upacara Kenegaraan mewakili putra-putri seluruh Indonesia dengan berhasil,” ujar Rima.

Selanjutnya para Paskibraka Tingkat Pusat akan mengikuti Pemusatan Diklat Paskibraka di Jakarta, sebelum diberangkatkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk melaksanakan tugas pengibaran Sang Merah Putih pada Upacara Peringatan HUT ke-79 RI tahun 2024.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BPIP   Pancasila   Pemimpin   Paskibraka  

Terpopuler