SOBAT Competition 2022 Ajang Peningkatan Kompetensi Siswa & Mahasiswa Vokasi

Rabu, 19 Oktober 2022 – 10:06 WIB
Lewat SOBAT Competition 2022 diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan prestasi dan kompetensi siswa serta mahasiswa vokasi. Foto: dok.PT United Tractors

jpnn.com - JAKARTA - PT United Tractors Tbk (UT) menyelenggarakan SOBAT Competition 2022.

Kegiatan ini merupakan kompetisi antarsekolah kejuruan yang bertujuan meningkatkan kompetensi dunia vokasi melalui inovasi dan untuk mempersiapkan generasi muda yang mampu bersaing di dunia kerja

BACA JUGA: Srikandi Ganjar Sumsel Ajak Perempuan Memajukan Pendidikan Indonesia

CSR Manager UT Himawan Sutanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk kontribusi perseroan untuk memberikan dampak positif melalui program CSR di bidang pendidikan (UTFUTURE) dengan mengimplementasikan aspek Enviromental, Social, Governance (ESG).

Perlombaan ini diikuti para siswa jenjang SMA/SMK/sederajat dan juga para mahasiswa politeknik/universitas.

BACA JUGA: 4 Modal Utama Ini Harus Dimiliki Mahasiswa Sebelum Masuk Dunia Kerja

“Melalui program SOBAT Competition, kami berkomitmen meningkatkan kualitas dunia pendidikan vokasi sekaligus merealisasikan sustainable development goals (SDGs)," kata Himawan Sutanto dalam siaran pers, Rabu (19/10).

Selain itu, ujarnya kompetisi ini merupakan wujud implementasi dari 14 pilar program SOBAT untuk menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide-ide kreatif serta inovatif siswa maupun mahasiswa sekolah vokasi.

BACA JUGA: Kemendikbudristek Kirim 39 Mahasiswa Vokasi Belajar di Universitas Nottingham

Dia melanjutkan terbatasnya inovasi dalam program studi (prodi) teknik alat berat (TAB) di dunia vokasi, karena kurangnya persaingan antarsekolah kejuruan, baik dalam kompetensi teknik maupun ide gagasan inovasi menjadi latar belakang UT membentuk kompetisi ini.

Kualitas dari inovasi yang dihasilkan menjadi hal penting dalam program ini, sehingga dapat menghadirkan manfaat dan berdaya saing tinggi.

"Sejak diluncurkan pada 2019, SOBAT Competition mendapatkan respons positif. Hal ini tercermin dari bertambahnya jumlah peserta setiap tahunnya," kata Himawan Sutanto.

SOBAT Competition 2022 Diikuti 435 Tim

Dia menyebutkan SOBAT Competition 2022 diikuti 435 tim inovasi yang terdiri dari dua jenjang.

Pada jenjang universitas/politeknik terdapat 60 inovasi umum, SMK/SMA ada 287 inovasi umum dan 88 inovasi TAB. 

SOBAT Competition 2022 telah melewati tahap akhir seleksi yang menyisakan 15 inovasi pada jenjang SMA/SMK dan universitas/politeknik.

Selanjutnya, tim yang lolos final akan mempersiapkan materi presentasi akhir dan membuat prototype untuk dipamerkan di showcase booth SOBAT Competition 2022 pada HUT ke-50 UT.

"Tim yang lolos ke tahap final juga mendapatkan subsidi dana sebesar Rp 2 juta untuk kategori SMA/SMK, dan Rp 3 Juta untuk kategori politeknik/universitas," terang Himawan.

Melalui program SOBAT Competition 2022, UT berharap dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan prestasi dan kompetensi siswa sekolah kejuruan serta mahasiswa vokasi.

Selain itu, agar para peserta memiliki daya saing, tangguh, serta bisa memberikan kontribusi untuk Indonesia di masa akan datan.

Adapun pemenang SOBAT Competition 2022 kategori SMA/SMK Inovasi Teknik Alat Berat, juara 1SMKN 5 Banjarmasin, juara 2 SMK Muhammadiyah 3 Samarinda, juara 3 MAN 1 Kudus. Harapan 1 SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh, harapan 2 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

Kategori SMA/SMK inovasi umum juara 1 SMK PGRI 2 Ponorogo, juara 2 SMKN 1 Tanah Grogot, juara 3 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Harapan 1 SMA Swasta As Syafiiyah Internasional Medan, harapan 2 SMK Farmasi Syekh Yusuf Al Makasari Gowa.

Kategori politeknik/universitas  juara 1 diraih Universitas Indonesia, juara 2 Politeknik Negeri Madura, juara 3 Universitas Sumatera Utara. Harapan 1 Universitas Brawijaya, harapan 2 Universitas Gadjah Mada. (esy/jpnn)


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler