Soedjai Kartasasmita Terima Penghargaan Doktor Honoris Causa

Kamis, 30 Mei 2024 – 11:13 WIB
Soedjai Kartasasmita meraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dari Universitas Sumatera Utara. Foto dok PTPN III

jpnn.com, SUMATERA UTARA - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III menyambut baik penganugerahan Doktor Kehormatan (Honoris Causa) kepada Soedjai Kartasasmita, yang diberikan Universitas Sumatera Utara (USU), pada Senin (27/5).

Anugerah tersebut disematkan atas pemikiran, kiprah, dan kontribusinya yang luar biasa di bidang Perkebunan khususnya dalam Pembangunan Perkebunan di Indonesia.

BACA JUGA: 2 Mantan Pejabat Ditetapkan Tersangka, PTPN Group Berkomitmen Berantas Korupsi

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, Mohammad Abdul Ghani menyampaikan anugerah tersebut sangat layak diberikan kepada Sang Begawan Perkebunan Indonesia.

Menurutnya, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat itu telah memberikan dedikasi dan keberhasilan dari awal karir hingga masa purna baktinya sehingga sangat patut untuk diteladani bagi planters perkebunan.

BACA JUGA: Beatboxer Muda Asal Indonesia ini Raih Peringkat Kedua di Kompetisi GBB 2023 U18 Jepang

“Bapak Soedjai Kartasasmita salah satu putra terbaik bangsa, beliau telah menunjukkan kepedulian yang besar terhadap pengembangan sumber daya manusia, penerapan teknologi informasi, dan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam industri perkebunan, sehingga menjadikannya sebagai inspirasi utama bagi generasi muda planters nusantara yang ingin berkontribusi di sektor ini," ungkapnya.

Kepedulian Soedjai Kartasasmita terhadap peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) tercermin melalui program pelatihan yang bekerja sama dengan negara lain, untuk mengembangkan pengetahuan SDM tentang manajemen perkebunan modern.

BACA JUGA: Bappebti & PINTU Beberkan Tantangan dan Solusi Investasi Crypto Dalam Negeri

Tak hanya itu, dia menginisiasi kerja sama untuk mempromosikan energi terbarukan dan mengedepankan inovasi penggunaan cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik ramah lingkungan, menjadikan industri perkebunan lebih berkelanjutan dan efisien.

Dengan jaringan yang luas baik di dalam maupun luar negeri, Soedjai menjadi pemain kunci dalam memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi yang strategis untuk memajukan industri perkebunan di Indonesia.

Keberadaannya tidak hanya memperluas cakupan akses terhadap teknologi dan sumber daya, tetapi juga membuka pintu bagi pertukaran ide dan praktik terbaik dari berbagai negara.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian periode 2000-2004 Bungaran Saragih, menyatakan Soedjai Kartasasmita merupakan pioneer di bidang perkebunan.

“Sukses sawit kita ini disebabkan oleh sumber daya alam, SDM, manajemen, dan leadership yang bagus, dan salah satu pemain utamanya adalah beliau,” ungkapnya.

Dia menilai, pemberian penganugerahan Doktor Kehormatan yang diberikan Universitas Sumatera Utara adalah hal yang tepat.

“Saya sangat menghargai itu. Karena banyak contoh yang dikasih beliau, tidak hanya pembangunan perkebunan, tetapi juga kepribadian yang baik. Tidak banyak anak Indonesia yang seperti ini, dan kita harus menghargai itu,” ucapnya.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler