Solo Ekspres Layani Rute Solo Balapan-Kutoarjo, Ini Tarifnya

Jumat, 18 Mei 2018 – 11:33 WIB
LAYANAN BARU: Kereta Api Solo Ekspres yang melayani penumpang dari Stasiun Balapan menuju Kutoarjo pergi pulang. Foto: Damianus Bram/Radar Solo

jpnn.com, SOLO - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan KA Solo Ekspres yang melayani rute Solo Balapan - Kutoarjo, Kamis (17/5). Layanan baru itu menjanjikan kecepatan dan kenyamanan lebih bagus ketimbang KA Prambanan Ekspres (Prameks).

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo saat peluncuran KA Solo Ekspres memberikan apresiasi penuh atas layanan terbaru PT KAI itu. Sebab, untuk menuju Solo sudah ada layanan kereta langsung dari Kutoarjo dan Yogyakarta.

BACA JUGA: KAI Rawat Rel  Kereta Api Jelang Lebaran 

”Dengan naik kereta masyarakat bisa lebih nyaman. Mudah-mudahan nanti tidak hanya satu kereta ini saja, namun ada pula kereta-kereta lainnya yang bisa dioperasikan. Dengan begitu dapat mendongkrak kunjungan ke Kota Solo,” ujar Rudyatmo usai melepas KA Solo Ekspres di Stasiun Solo Balapan.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri yang juga hadir dalam peresmian tersebut juga berharap kehadiran Solo Ekspres sebagai cikal bakal kereta api bandara bisa menjadi solusi pemecah kepadatan jalur Solo-Jogja. Terlebih, KA Solo Ekspres menawarkan berbagai fasilitas.

BACA JUGA: PascaLedakan Bom, Daop I Jakarta Tingkatkan Kewaspadaan

”Perjalanan kurang lebih selama dua jam untuk Solo-Kutoarjo dan sebaliknya. Penumpang juga mendapatkan fasilitas berbeda dengan penumpang Prameks. Selain AC, ada pendingin udara, TV, USB port, dan toilet. KA ini juga mengakomodasi penumpang berkebutuhan khusus dengan menyediakan area untuk penumpang berkursi roda di kereta,” tuturnya.

BACA JUGA: Besok, Daop I Jakarta Lakukan Rekayasa Keberangkatan KA

Untuk harga tiket selama empat hari pertama sejak diresmikan, penumpang akan digratiskan. Namun, selanjutnya akan dikenakan tarif promo sebesar Rp 40 ribu untuk tujuan Solo-Kutoarjo, Rp 30 ribu untuk Solo-Jogja, dan Jogja-Kutoarjo Rp 30 ribu.

Namun, ketika memasuki masa angkutan Lebaran, tarifnya akan berbeda. Pada masa angkutan Lebaran khususnya 5-26 Juni mendatang, tarif yang dikenakan Rp 60 ribu untuk Solo-Kutoarjo dan Rp 45 ribu untuk Solo-Jogja maupun Yogyakarta-Kutoarjo.

Komisaris Utama PT KAI Suhono H Supangat menambahkan bahwa nantinya kereta itu akan menjadi pendukung mobilitas bagi masyarakat saat Lebaran. Sehingga, dua rangkaian trainset KA Solo Ekspres akan dimanfaatkan sebagai angkutan Lebaran.

”Kalau kami pada dasarnya adalah melayani. Memang untuk kereta yang baru beroperasi ini belum bisa dilihat banyak dan tidaknya. Namun harapannya dapat mengurai kepadatan,” imbuhnya

Salah seorang penumpang Solo Ekspres, Angin Elanda Jagat (20) mengaku langsung tertarik ketika mengetahui informasi mengenai rencana beroperasinya KA baru itu dari media sosial. Dia penasaran dengan fasilitas KA Solo Ekspres.

”Kalau ini keretanya lebih bagus karena memiliki banyak fasilitas. Tentunya juga lebih bersih dan nyaman sebab dari segi harga memang berbeda,” ujarnya kepada Radar Solo dalam perjalanan dari Stasiun Balapan menuju Stasiun Tugu Yogyakarta kemarin.

Angin mengatakan, selama ini dia terbiasa naik KA Prameks dengan harga tiket Rp 8 ribu sekali jalan. Namun, dengan kehadiran KA Solo Ekspres, dia kini memiliki alternatif bila bepergian dari Solo ke Yogyakarta.

Hanya saja, harga tiket KA Solo Ekspres memang lebih mahal ketimbang KA Prameks. Tiket untuk Solo-Jogja dibanderol Rp 30 ribu.

Sedangkan harga tiket untuk Solo-Kutoarjo dipatok Jogja dan Rp 40 ribu. Namun, Angin menilai harga itu sebanding dengan fasilitas yang ada.

”Kalau menurut saya harganya tidak terlalu mahal, karena memang dari segi fasilitas memang baik. Tapi bagi mereka yang setiap hari wira-wiri Solo-Jogja, tentu harga ini memberatkan,” imbuhnya.

Penumpang lainnya, Herita Tyas (26) juga merespons positif kehadiran KA Solo Ekspres. Apalagi, dia beraktivitas dari Kutoarjo ke Jogja dan Solo karena tuntutan pekerjaan.

”Kalau Kutoarjo-Solo dengan harga Rp 40 ribu sama saja dengan harga naik bus. Tapi kalau menggunakan bus butuh waktu lama dan harus oper. Kalau saya lebih memilih kereta ini karena lebih nyaman,” ujarnya.

Selama ini Tyas menjadi salah satu pengguna KA Prameks. Apalagi kondisi rumahnya yang dekat dengan Stasiun Kutoarjo membuatnya mudah menggunakan Prameks.

”Kereta ini bisa jadi alternatif kalau kehabisan tiket Prameks. Selama ini kalau kehabisan tiket Prameks, saya biasa naik kereta jurusan Jakarta-Solo,” ujarnya.(rs/vit/fer/JPR)

TARIF NORMAL SOLO EKSPRES
Solo-Yogyakarta (Rp 30 Ribu)
Solo-Kutoarjo (Rp 40 Ribu)

TARIF LEBARAN
Solo-Yogyakarta (Rp 45 Ribu) 
Solo-Kutoarjo (Rp 60 Ribu)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 23 KA Berhenti Luar Biasa di Stasiun Jatinegara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler