Solusi Hamil di Atas 35 Tahun

Senin, 18 Desember 2017 – 04:18 WIB
Hamil. Foto: Health

jpnn.com - Berbagai penelitian menyebutkan bahwa 20-35 tahun merupakan rentang ideal bagi seorang wanita untuk hamil.

Ini karena di usia tersebut wanita sudah siap secara psikologis untuk menjadi seorang ibu, dan tubuhnya dalam kondisi prima untuk menjadi tempat janin bertumbuh.

BACA JUGA: 5 Risiko Hamil di Atas 35 Tahun

Meski begitu, tak sedikit wanita yang lebih memilih untuk hamil saat usianya sudah di atas 35 tahun. Namun, hamil di atas 35 tahun memiliki banyak risiko yang tetkait dengan kondisi calon bayi dan juga ibu yang mengandung.

Namun tak perlu khawatir berlebihan, jika Anda berencana hamil di atas usia 35 tahun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menurunkan risikonya.

BACA JUGA: 6 Kiat Sederhana Kurangi Nyeri saat Persalinan

1. Sebelum hamil.

Saat merencanakan kehamilan di atas 35 tahun, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Dokter akan memeriksa kondisi rahim dan indung telur Anda.

BACA JUGA: Janda Anak Dua Nekat Gantung Diri Lantaran Ditinggal Kekasih

Selain itu, biasakan juga untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein, berolahraga dengan teratur, menghindari rokok dan paparan asapnya, tidak minum alkohol, serta menurunkan berat badan ke rentang ideal.

Yang tak kalah penting adalah mengonsumsi 0,4 mg asam folat setiap hari, setidaknya sejak satu bulan sebelum hamil.

2. Saat Hamil.

Meski tak memiliki keluhan, biasakan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter kandungan sesuai jadwal. Hal ini penting untuk mendeteksi dan mencegah segala kemungkinan buruk yang mungkin saja terjadi.

Hamil di atas 35 tahun memang memiliki risiko tersendiri. Tapi bila hal ini disiasati dengan tepat, Anda bisa menjalani proses kehamilan maupun persalinan dengan sehat dan aman.(NB/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tutupi Pernikahan, Andi Soraya Kok Pamer Hasil USG


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
hamil  

Terpopuler