Sopir Taksi Online Dibunuh, Istri Cerita Saat-saat Terakhir

Jumat, 15 Juni 2018 – 00:05 WIB
Handarri (kiri) semasa hidup bersama istrinya. Foto: ISTIMEWA

jpnn.com - Jenazah Handarri, sopir taksi online yang dibunuh dan jasadnya ditemukan di semak-semak di Jalan Perum Prona Lestari II, Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kaltim, Selasa (12/6), sudah dimakamkan Rabu (13/6).

Korban pembunuhan dengan terduga pelaku Darmadi Anca itu dimakamkan di TPU Sepinggan, Rabu (13/6) sekitar pukul 10.00 Wita. Pelayat masih terus berdatangan ke rumahnya di Jalan Widya Praja II, RT 4, Nomor 58, Balikpapan Selatan.

BACA JUGA: Pengakuan Pembunuh Sopir Taksi Online, Ternyata!

Hampir seluruh masa hidup Handarri dilewati di rumah itu. Orangtua membesarkannya di sana sejak usia sembilan tahun. Hingga menikah. Handarri masih tinggal di rumah itu. Bersama kedua orangtuanya dan dan adik kandungnya.

Setelah pemakaman, ayahnya, Rosidi, tampak begitu tegar. Dia menyambut tamu-tamu yang datang. Kerabat, rekan kerja, dan teman Handarri semasa sekolah.

BACA JUGA: Sopir Taksi Online Dibunuh, Sejumlah Luka Tusuk di Kepala

Begitu pula istri Handarri, Maria Ulfa. Dia mulai menunjukkan ketabahan. Walau matanya masih sembab. Masih menyimpan duka. Namun, kondisinya sudah lebih baik. Dia mengenakan baju merah hati. Sudah bisa berbicara kepada awak media. Tak seperti hari sebelumnya.

Ulfa bercerita, Handarri baru menjalani profesi sopir angkutan online dua pekan terakhirs elama Ramadan ini. Niatnya mencari penghasilan tambahan.

BACA JUGA: Ibu Muda Nyaris Tewas Dijambret, Warga Hanya Menonton

Pekerjaan utama Handarri adalah pegawai tetap di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Kebun Sayur sejak 2016. Sebelumnya, pria kelahiran 1991 itu bekerja di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Balikpapan.

Selama Ramadan hingga memasuki momen Idulfitri, Handarri mendapat jadwal libur. Dan, tentunya, cuti panjang. Sehingga muncul pikiran mencari penghasilan tambahan. Daripada hanya menghabiskan waktu di rumah. Namun itu atas inisiatif dan keinginannya sendiri.

Menurut Ulfa, aktivitas suaminya selama menjadi sopir online terhitung wajar. Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman ini tidak pula begitu menggebu-gebu mencari penumpang. Tidak seperti kebanyakan sopir lain yang memilih lokasi ngetem, Handarri lebih banyak standby di rumah. Menunggu order.

Selama puasa, Handarri biasanya mulai standby sehabis salat Subuh. Dan, paling lama, hingga pukul 17.00 Wita. Dia selalu pulang untuk menikmati waktu buka puasa bersama. Setelah itu kembali beraktivitas sebagai sopir angkutan online. Sampai pukul 22.00 Wita.

“Biasanya habis antar penumpang langsung pulang. Nanti jalan lagi kalau sudah dapat order lagi,” ungkapnya.

Perempuan 26 tahun itu mengaku terakhir bertemu suaminya Selasa (12/6) pagi. Saat dia berpamitan untuk berangkat kerja ke kantornya di Jalan Soekarno-Hatta, Kilometer 5, Balikpapan Utara. Saat itu, Handarri masih bersantai di rumah. Belum ada orderan.

“Tidak ada komunikasi juga selama hari itu karena saya jarang juga pegang handphone selama bekerja. Paling baru bisa komunikasi saat istirahat,” imbuhnya.

Ulfa mengatakan mendapat informasi tentang kondisi suami dari adik iparnya, Melly. Adik kandung Handarri ini menghubunginya sekitar pukul 11.00 Wita. Dia mendapati kabar penemuan mayat yang ternyata adalah suaminya.

“Bersyukur juga mayat langsung ketemu, bisa langsung dikuburkan, jadi dimudahkan jalannya,” sebut dia.

Rasanya seperti mimpi. Mimpi buruk. Suaminya pergi meninggalkan dunia justru sebagai korban pembunuhan.

Handarri dan Ulfa baru merasakan mahligai rumah tangga tujuh bulan terakhir. Pernikahan indah mereka jalani 30 November 2017. Ulfa memutuskan menerima pinangan Handarri setelah keduanya berpacaran sekitar 2 tahun.

Di mata Ulfa, suaminya seorang pendiam. Tidak neko-neko. Tidak pecicilan. Juga sederhana. Bergaul dengan baik dan seperlunya. Tidak suka nongkrong di luar. Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. “Kalau pulang kerja capek, saya siapkan makan. Dia pendiam dan tidak banyak merepotkan,” kenangnya.

Ulfa tak menyangka suaminya pergi begitu cepat. Apalagi tak ada tanda-tanda sebelum peristiwa pahit itu terjadi. Semua berjalan seperti biasa. Suaminya berada dalam kondisi baik dan sehat.

Baru menjalin hidup bersama setengah tahun, tentu masih banyak rencana yang ingin mereka capai. “Kita banyak planning jangka panjang karena baru membina rumah tangga. Tapi, saya tidak mau menyesali juga, apalagi semua orang pasti kembali (meninggal). Saya coba ikhlas sedikit demi sedikit,” ujarnya. Perempuan asli Kota Minyak ini berharap, tersangka mendapat hukuman seberat-beratnya. Dan setimpal.

Ulfa berharap tersangka juga diganjar hukuman mati. Karena sudah mengambil nyawa suami tercinta. Menurut dia, kasus ini seperti pembunuhan berencana. Karena tersangka sudah siap dengan senjata tajam. “Kalau hanya cekcok biasa saja tidak mungkin (sampai dibunuh), paling hanya adu mulut atau lebam,” tuturnya.

BACA JUGA: Pengakuan Pembunuh Sopir Taksi Online, Ternyata!

Sementara itu, ayah Handarri, Rosidi, menjadi anggota keluarga terakhir yang berkomunikasi dengan Handarri. Saat itu, putra sulungnya itu pamit mengantar penumpang sekitar pukul 08.00 Wita. “Dia bilang ada panggilan. Saya pikir mau ke bandara, dia hanya bilang ya,” ucapnya.

Bagi Rosidi, Handarri adalah anak penurut. Sikap dan perilaku kepada orangtua dan keluarga baik. Begitu juga di lingkungan rumah, Handarri tidak pernah macam-macam. “Jiwa dia masih semangat dan masa senang-senangnya bekerja. Jadi saya enggak ada pikiran aneh,” sebutnya.

Handarri memang pernah berbicara kepadanya ingin mendaftar sebagai sopir online. Alasannya karena lumayan mencari kesibukan daripada libur.

“Sisanya saya serahkan kepada dia. Apalagi dia sudah berkeluarga, tinggal ikut keputusan dia dan istri saja kalau memang ingin menjalani pekerjaan itu,” pungkasnya. (gel/*/rdh/dwi/k8)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahasiswi Cantik Balikpapan dalam Video Panas Sering Aborsi


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler