Sorotan Media Luar Negeri soal Keputusan MK Melempangkan Politik Dinasti Ala Jokowi

Selasa, 17 Oktober 2023 – 23:43 WIB
Sorotan Media Luar Negeri soal Keputusan MK Melempangkan Politik Dinasti Ala Jokowi. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memungkinkan capres/cawapres berusia di bawah 40 tahun asalkan punya pengalaman sebagai kepala daerah tidak hanya memicu kehebohan di indonesia.

Media mancanegara pun turut meramaikan keputusan yang dianggap membuka peluang bagi putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, menjadi capres maupun cawapres itu

BACA JUGA: Putusan MK Tunjukkan Kemerosotan Independensi Hakim Konstitusi

Di Australia, laman Sydney Morning Herald (SMH) memajang berita tentang keputusan MK itu dengan judul ‘Constitutional Court Clears Way for Jokowi Dinasty’.

The Australian juga menyajikan judul yang hampir serupa dengan SMH. Surat kabar harian itu mengunggah berita dengan titel ‘Indonesia court clears pathway for Jokowi dinasty’.

BACA JUGA: Tanggapi Putusan Uji Materi Soal Syarat Capres-Cawapres, Agus Widjajanto: MK Tidak Konsisten

Adapun laman Bloomberg yang bermarkas di New York, Amerika Serikat (AS), memajang berita berjudul Indonesia Court Ruling Enables Jokowi’s Son to Run as VP. Artinya kurang lebih ialah putusan MK Indonesia memungkinkan putra Jokowi mencalonkan diri sebagai wapres.

Kantor berita REUTERS mewartakan itu melalui berita berjudul Indonesia court clears path for Jokowi's son to run for vice presidency.

BACA JUGA: Pakar Hukum Tata Negara: Kelihatan Betul Putusan MK Lahir dari Cawe-Cawe Politik

Di Jepang, Nikkei Asia dalam pemberitaannya menyebut pengadilan telah menghilangkan hambatan bagi pencalonan putra Jokowi.

Media berbahasa Inggris yang bermarkas di Tokyo, Jepang, itu menampilkan berita dengan judul Indonesia court removes barrier for Jokowi son's VP candidacy.

Dari Doha di Qatar, situs Al Jazeera membuat berita berjudul Indonesian court rules on presidential candidate eligibility. Artinya ialah pengadilan Indonesia memutuskan kelayakan calon presiden.

Media Singapura juga mengangkat soal keputusan MK tersebut. “Indonesia court clears way for Jokowi’son to run in election,” demikian bunyi judul di laman The Straits Times.

Masih dari Singapura, laman Channel News Asia (CNA) menyajikan berita bertitel ‘Fear of a Jokowi political dinasty in Indonesia deepnes after controversial court ruling’ yang artinya ketakutan akan politik dinasti Jokowi makin dalam setelah keputusan kontroversial MK.

South China Morning Post yang berbasis di Hong Kong juga menyajikan judul yang agak mirip dengan artikel CNA.

Melalui laman SMCP, surat kabar harian itu memajang berita berjudul Fears for Indonesia democracy as Jokowi’s son gets VP election pathway in ‘plot twist’ move by court(jpnn.com)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sahabat Ganjar Nilai Putusan MK Terkait Batas Usia Capres dan Cawapres Janggal


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler