Spanyol U-21 Siap Ikuti Jejak Senior

Jumat, 24 Juni 2011 – 09:39 WIB
COPENHAGEN - Spanyol sedang menjalani era emasnya di lapangan hijauBukan hanya di level senior, di mana mereka mengawinkan gelar juara Euro 2008 dan Piala Dunia 2010, tapi prestasi hebat juga siap diraih di level junior.

Ya, timnas Spanyol U-21 yang terjun di Euro U-21 2011 di Denmark, telah memastikan diri melaju ke partai puncak

BACA JUGA: Gaet Pemain dari ISL

Peluang mereka untuk menjadi juara pun terbuka lebar
Namun, sebelumnya mereka harus melewati hadangan Swiss pada 25 Juni nanti.

Javi Martinez dkk sukses melaju ke partai puncak setelah menang 3-1 (0-1) atas Belarusia di Viborg Stadion, kemarin dini hari (23/6)

BACA JUGA: Persebaya 1927 Kini Bidik Putra Daerah

Sedangkan Swiss mencapai final setelah mengandaskan Republik Ceko 1-0 (0-0) di Herning Stadium, kemarin dini hari (23/6).

Dua pertandingan semifinal itu berlangsung ketat
Bahkan, lolosnya Spanyol dan Swiss harus ditentukan melalui perpanjangan waktu

BACA JUGA: Tantangan di Putaran II LPI Makin Berat

Di waktu normal, Spanyol ditahan imbang Belarusia 1-1Bahkan, Spanyol lebih dulu tertinggal lewat gol Andrey Varankow pada menit ke-38.

Setelah itu, berbagai upaya dilakukan Spanyol untuk menyamakan skor, tapi selalu gagalGol penyama kedudukan baru hadir satu menit jelang laga normal usai melalui Adrian LopezTerpaksa laga dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Nah, di perpanjangan waktu, Spanyol lebih dominan dan mampu menyarangkan dua gol ke gawang Belarusia yang dikawal Alexander GutorAdrian Lopez mencetak gol keduanya pada menit ke-105 dan ditambah gol Jeffren pada menit ke-113.

Sedangkan Swiss harus melakoni perpanjangan waktu melawan RepCeko setelah pada waktu normal kedua tim tidak mampu mencetak golSwiss akhirnya melaju ke final setelah striker andalannya Admir Mehmedi mencetak gol tunggal di menit ke-114.

Bagi Spanyol, ini adalah kali kelima mereka mencapai final ajang yang dulunya bertitel Euro U-23 ituPada empat final sebelumnya, dua kali La Rojita, julukan Spanyol U-21, tampil sebagai juara pada 1986 dan 1998 serta dua kali menjadi runner-up pada 1984 dan 1996.

Pada Euro U-21 kali ini, Spanyol yang dilatih Luis Milla mampu melaju hingga final tanpa sekalipun tersentuh kekalahanDi fase grup, mereka tergabung dalam grup B bersama RepCeko, Inggris, dan UkrainaHasilnya, mereka dua kali menang dan sekali seri dengan Inggris.

"Saya pikir ini laga hebatKami kesulitan, tapi akhirnya mampu merebut kemenanganKami pantas untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade dan berikutnya adalah mengikuti jejak tim senior Spanyol," bilang Adrian Lopez, seperti dikutip Goal.

Bagi Swiss, ini final pertama merekaPrestasi yang hebat bagi tim yang minim tradisiSejak 1976, mereka hanya sekali lolos ke putaran final Euro U-21Prestasi tertinggi mereka adalah semifinalis pada Euro U-21 edisi 2002 lalu(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... ISL Kami Datang!


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler