Spurs Berani Beli Mahal Soldado

Selasa, 30 Juli 2013 – 04:17 WIB

jpnn.com - LONDON - Inikah tanda-tanda Tottenham Hotspur siap melepas Gareth Bale ke Real Madrid? Itu setelah Spurs  -sebutan Tottenham- setuju dengan banderol GBP 25,9 juta (Rp 407 miliar) yang dipatok Valencia untuk striker internasional Spanyol Roberto Soldado.

Spurs bukan klub kaya raya seperti Manchester City atau Chelsea yang familier belanja besar di bursa transfer. Nominal untuk Soldado saja, seandainya benar terealisasi, merupakan pembelian termahal dalam sejarah klub yang bermarkas di White Hart Lane tersebut.

BACA JUGA: Hendra Setiawan-Ahsan Target Juara di Guangzhou

Ingat, Spurs sebelumnya telah merogoh kocek GBP 24 juta (Rp 377,6 miliar) untuk mendatangkan Paulinho dari Corinthians dan Nacer Chadli (FC Twente). Dengan total belanja hampir GBP 50 juta, Spurs tentu butuh pemasukan besar untuk menyeimbangkan neraca keuangan klub.

Seperti diketahui, Spurs membanderol Bale sedikitnya GBP 85 juta (Rp 1,3 triliun). Itu berarti Spurs masih akan memiliki sisa dana yang cukup besar dari hasil penjualan Bale. Belum ada konfirmasi resmi dari Spurs maupun Valencia mengenai deal Soldado.

BACA JUGA: Klub Harus Punya Medical Record Pemain

Tapi, seperti ramai diberitakan media Spanyol kemarin, kesepakatan transfer Soldado memang telah dicapai kedua klub. Spurs diwakili direktur olahraga Franco Baldini yang sudah sepekan terakhir berada di Spanyol. Sedangkan dari Valencia adalah presiden Amadeo Salvao.

"Saya baru saja mendapat kabar dari teman-teman (di Valencia) bahwa Roberto Soldado telah disepakati untuk dilepas ke Tottenham" Demikian tulis Antonio Sese, mantan direktur Valencia, via Twitter.

BACA JUGA: SBY Minta Pebulutangkis Tampil Santai di Kejuaraan Dunia

Pelatih Valencia Miroslav Djukic bahkan sudah merelakan Soldado bergabung dengan Spurs. "Saya sudah berbicara dengan Soldado dan dia adalah seorang profesional hebat. Jika kepindahannya ke Tottenham diresmikan, kami mendoakan kesuksesan untuknya," tutur pelatih yang baru digaet Valencia musim ini dari Real Valladolid itu kepada Superdeporte.

Djukic disebut telah mengindentifikasi striker pengganti Soldado. Yakni, antara striker internasional Portugal yang membela Real Zaragoza, Helder Postiga, atau Sergio Garcia yang bermain untuk Espanyol. Keduanya sama-sama sudah berusia kepala tiga.

Tapi, Hostiga yang banderolnya hanya EUR 3 juta (Rp 40 miliar) lebih affordable bagi Valencia yang kondisi keuangannya masih minus itu. "Jika kehilangan Soldado, stok striker kami bakal terbatas," tandas pelatih berkebangsaan Serbia itu.

Djukic menambahkan, hengkangnya Soldado memang akan menjadi kerugian besar bagi Valencia. Sejak bergabung dengan Valencia dari Getafe pada pertengahan 2010, striker berjuluk Soldier itu selalu mengakhiri dua musim terakhir sebagai top scorer Los Che.

Tapi, Valencia memang sudah berpengalaman ditinggal striker andalannya. Sebelumnya, klub yang bermarkas di Mestalla itu pernah kehilangan top scorer sepanjang masa Spanyol David Villa ke Barcelona pada 2010. "Kami masih memiliki beberapa pemain yang memiliki kemampuan mencetak gol bagus seperti Jonas maupun Paco Alcacer," tutur Dani Parejo, gelandang Valencia seperti dilansir Goal. (dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Reina Merasa Dipaksa Keluar dari Liverpool


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler