Sri Mulyani Tetapkan 3 Nama untuk Calon Ketua OJK, Siapa Mereka?

Selasa, 08 Maret 2022 – 06:45 WIB
Menkeu Sri Mulyani telah mengantongi nama Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), termasuk nama ketuanya. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah telah mengantongi nama Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), termasuk nama ketuanya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Dewan komisioner OJK menetapkan tiga nama calon Ketua Dewan Komisioner OJK yaitu Mahendra Siregar, Darwin SN dan Iskandar Simorangkir.

BACA JUGA: Nama-Nama Calon Dewan Kimisioner OJK Disetor ke Jokowi, Berikut Daftarnya

"Sesuai ketentuan pasal 12 UU OJK, Presiden akan memilih dan menyampaikan 14 calon anggota Dewan Komisioner kepada DPR, masing-masing 2 calon untuk setiap jabatan yang kemudian akan dilakukan proses pemilihan oleh DPR," kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (7/3).

Sri Mulyani menjelaskan ketiga calon Ketua Dewan Komisioner OJK ini sudah menjalani empat tahapan seleksi.

BACA JUGA: Korban Asuransi Unit Link Tagih Janji OJK dan DPR

Adapun seleksi itu adalah pertama seleksi administrasi, kedua penilaian makalah sekaligus rekam jejak dan masukan masyarakat.

"Ketiga adalah asesmen dan keempat tes kesehatan," ujarnya..

BACA JUGA: Kritikan Wamendag Jerry Sambuaga untuk OJK, Telak Banget

Sementara seleksi tahap keempat sendiri meliputi wawancara, afirmasi, serta pendalaman terutama terkait kualitas kepemimpinan serta integritas masing-masing calon yang dilakukan mulai 2-5 Maret 2022.

Berbagai seleksi ini tidak hanya telah dilalui oleh ketiga calon Ketua Dewan Komisioner OJK saja melainkan juga 18 orang lainnya yang terbagi menjadi tiga calon untuk masing-masing jabatan Dewan Komisioner OJK.

Sebanyak 18 orang ini meliputi calon Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK yakni Mirza Adityswara, Marwanto, dan Mohammad Fauzi Maulana Ichsan.

Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota yaitu Dian Ediana Rae, Agusman dan Ogi Prastomiyono.

Calon Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota meliputi Hoesen, Inarno Djajadi dan Doddy Zulverdi.

Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya sekaligus merangkap anggota Dewan Komisioner OJK yaitu Pantro Pander Silitonga, Iwan Pasila dan Adi Budiarso.

Calon Ketua Dewan Audit merangkap anggota Dewan Komisioner OJK yaitu Hidayat Prabowo, Sophia Issabella Watimena dan Budi Santoso.

Calon anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen sekaligus anggota Dewan Komisioner OJK yaitu Frederica Widyasari Dewi, Hariyadi dan Difi Johansyah.

Sri Mulyani menyampaikan hal tersebut bersama anggota pansel lain yaitu Perry Warjiyo, Kartika Wirjoatmodjo, Suahasil Nazara, Dody Budi Waluyo, Agustinus Prasetyantoko, Muhamad Chatib Basri, Ito Warsito dan Julian Noor. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler