Ssstt... PKS Buka Pintu untuk Bang Zul

Rabu, 26 April 2017 – 03:06 WIB
PKS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terus mengeksplor sejumlah calon potensial untuk diusung pada Pilkada Bengkulu tahun depan.

Salah satunya mengulang memori Pilgub 2008, yakni cagub Zulkifli Anwar bakal dilirik PKS untuk bisa maju lagi.

BACA JUGA: Gerindra Siak Dukung Edi Tanjung Maju di Pilgub Riau

Diketahui, pada Pilgub 2008, Zulkifli Anwar yang juga kader Partai Demokrat itu diusung PKS berpasangan dengan kader PKS Akhmadi Sumaryanto (Zul-Yanto).

Wakil Ketua DPRD Lampung yang juga anggota Tim Sembilan DPW PKS Lampung Johan Sulaiman mengatakan, PKS kini terus mencari sosok cagub potensial yang bisa diusung.

BACA JUGA: PDIP Bakal Rebut Kembali Kemenangan di Pilwako Palembang

Menurutnya, tahapan perumusan cagub PKS memang sudah berjalan. Mulai penjaringan melalui Pemilu Raya (Pemira) PKS untuk cagub internal dan eksternal.

”Penjaringan cagub di PKS sudah dimulai. Dari Pemira, muncul cagub internal kader kami di DPR RI dapil Lampung Almuzammil Yusuf. Lalu, untuk calon eksternal ada beberapa nama.

BACA JUGA: Sinyal Kuat Gerindra-PKS Koalisi Lagi

“Yakni Bupati Lampung Tengah Mustafa, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dan Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. ketiganya sudah dipanggil dalam tahapan pemanggilan calon eksternal PKS pada 21-25 April ini,” ucapnya didampingi Anggota Tim Sembilan lainnya, Komirudin Imron kepada Rakyat Bengkulu (Jawa Pos Group), kemarin.

Johan melanjutkan, selain tiga nama yang sudah dipanggil juga ada nama lain yakni Anggota DPR RI Aziz Syamsudin. Sedangkan untuk Zulkifli Anwar, sambung Johan, belakangan juga muncul.

Bahkan, khusus Bang Zul –sapaan akrabnya– memang agak khusus. Sebab, Bang Zul punya kedekatan emosional karena pernah diusung PKS.

”Nama Bang Zul ini memang sudah muncul sebenarnya. Dan memang beliau ini khusus ya. Bukan apa, Bang Zul itu pernah bersama PKS. Diusung PKS pada pilgub 2008 besama Pak Akhmadi Sumaryanto (Zul-Yanto). Jadi ya memang beda, ada ikatan emosional. Nah, kami (PKS, Red) membuka pintu selebar-lebarnya untuk Bang Zul agar bisa maju pilgub 2018,” terangnya.

Secara trcak record, kata Johan, Bang Zul juga mumpuni. Sebab, pernah dua periode menjadi bupati Lamsel. Dua kali menjadi anggota DPR RI. ”Sudah semua level pemilihan beliau ikuti. Mulai dari pilbup, pilgub, pileg. Yang belum mungkin pilkades dan pilpres saja. Secara basis massa juga solid. Ada di Lamsel dan Pesawaran. Hal ini patut dicermati untuk bisa diusulkan menjadi calon potensial,” ungkapnya.

Meski begitu, sambung Johan, PKS juga masih akan mengeksplor nama lainnya. Diantaranya Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Lampung M. Alzier Dianis Thabranie dan nama-nama lain. ”Artinya bukan Cuma Bang Zul, masih akan kita jajaki nama-nama lain seperti Alzier dan lainnya,” tandasnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi, Zulkifli Anwar mengucap syukur dan mengapresiasi atas dukungan PKS padanya.

"Saya mengucapkan Alhamdulillah kalau PKS masih menginginkan saya untuk maju Pilgub 2018. Akan tetapi, nanti saya bersama PKS akan salah istikharah dulu. karena semua keputusan itu dari Allah SWT. Sesuai surat Ali Imron ayat 26. Jadi tidak sembarangan dan gegabah untuk sekedar mau saja," tutur Anggota DPR dua periode itu melalui sambungan telepon. (gus/c1/gus)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Mencari Pasangan di Kotamobagu


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler