Stadion Manchester City Ganti Nama jadi Etihad

Sponsor Beri Rp 2 Triliun Plus Pesawat Airbus A330-200

Sabtu, 09 Juli 2011 – 23:29 WIB
Aroma Abu Dhabi makin kental di Manchester CityDari sang pemilik, sponsor utama kostum, hingga yang terbaru adalah nama stadion.

MANCHESTER City telah menjelma sebagai salah satu klub terkaya dunia sejak diakusisi Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan paad September 2008

BACA JUGA: Fulham Miliki Riise Bersaudara

Bagaimana tidak, pengusaha asal Abu Dhabi itu telah mengeluarkan uang 750 juta pounds untuk membenahi City.

Di antaranya meliputi pembelian pemain bintang yang menembus 400 juta pounds (Rp 5,4 triliun)
Juga peningkatan gaji staf klub, serta perbaikan stadion dan markas latihan

BACA JUGA: Tiongkok Terus Tambah Emas

Belum lagi proyek investasi satu miliar pounds (Rp 13 triliun) di eksternal klub sebagai aspek komersial.

Dengan pengeluaran begitu besar, City praktis harus mencari pemasukan yang besar pula untuk menyeimbangkan neraca keuangan mereka
Juga untuk mematuhi regulasi UEFA Financial Fair Play

BACA JUGA: Menezes Membela Musuh Abadi

Yakni, aturan bahwa setiap klub Eropa tidak lagi memiliki utang pada musim 2013-2014.

Nah, salah satu solusi adalah menjual hak nama stadion mereka kepada sponsorPilihan City jatuh kepada EtihadKemarin (8/7), City dan maskapai penerbangan asal Abu Dhabi itu meneken kerja sama berdurasi sepuluh tahun dengan nominal 150 juta pounds atau lebih dari Rp 2 triliun!

Itu adalah rekor image rights terbesar di Inggris alias mengalahkan kontrak 15 tahun antara Arsenal dengan maskapai penerbangan asal Dubai, Emirates, pada 2006Seiring kerja sama itu, berarti Stadion City of Manchester bakal berganti nama menjadi Stadion Etihad.

Etihad bukan sponsor baru bagi City karena telah mensponsori kostum Carlos Tevez cs dua tahun terakhir dengan nominal 2,8 juta pounds (Rp 38 miliar) per tahunSelain Etihad, The Citizens ? sebutan City - juga memiliki sponsor asal negera Uni Emirat Arab lainnya seperti Etisalat (provider telepon), Aaabar Investments (perusahaan investasi), dan Abu Dhabi Tourism Authority.

"Kami bangga memperluas kerja sama dengan Etihad melalui perjanjian kemitraan yang komprehensifYang paling penting, selain memberikan pendapatan signifikan bagi klub, perjanjian ini meningkatkan kesempatan kedua pihak bekerja sama lebih mendalam pada masa mendatang," urai CEO City Garry Cook seperti dilansir di situs resmi klub.

Selain menginjeksi dana kepada City setiap tahunnya selama satu dekade, Etihad memberikan sebuah pesawat airbus A330-200Pesawat warna biru itu telah didesain dengan warna, nama, dan logo City yang pengerjaannya dilakukan oleh 40 pengecat dan butuh 450 liter catat dan waktu selama 18 hariItu belum termasuk proyek kerja sama Etihad dengan Pemerintah Kota Manchester sebagai pemilik stadion berkapasitas 47.805 penonton itu.

Untuk diketahui, status City adalah penyewa stadion dengan membayar 3 juta pounds (Rp 40 miliar) setiap tahunnyaCity menyewanya sejak musim 2002-2003 atau setelah stadion digunakan sebagai venue Commonwealth GamesCity sebelumnya berkandang di Maine Road yang dihancurkan tujuh tahun lalu karena digantikan peruntukannya untuk perumahan dan selanjutnya sekolah serta rumah sakit.

Kendati terdengar positif, kontrak antara City dan Etihad membuat UEFA menaruh kecurigaanOtoritas sepak bola Eropa itu berencana menyelidiki kontrak City dan Etihad untuk memastikan apabila nilai kontrak benar-benar asli dan tidak ada penggelembungan danaDi sisi lain, nama Stadion Etihad sama dengan nama stadion di Docklands, Melbourne(dns/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Argentina Dekati Semifinal Piala Davis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler