Stephen Hawking Pensiun Tahun Depan

Tetap Lanjutkan Eksplorasi Ruang dan Waktu

Sabtu, 25 Oktober 2008 – 11:53 WIB
Foto : AFP
CAMBRIDGE - Fisikawan Stephen Hawking akan pensiun dari jabatan bergengsi di Cambridge University, tahun depan.  Namun demikian, Hawking tetap akan meneruskan explorasinya tentang ruang dan waktu.

Hawking adalah guru besar matematika LucasianDi bidang itu, Hawking adalah peraih gelar professor matematika Lucasian satu-satunya sejak fisikawan besar abad i8 Sir Isaac Newton

BACA JUGA: Thai-Kamboja Sepakat Akhiri Berebut Candi Kuno



Jumat (24/10), pihak Universitas mengatakan bahwa  Hawking akan berhenti dari posisinya bersamaan dengan akhir tahun akademik pada September tahun depan
Namun pihak universitas tetap memosisikan Hawking sebagai  Guru Besar Matematika Lucasian sekaligus tetap melakukan penelitian.

"Kita melihat ke depan untuk meneruskan kerja akademiknya di jurusan matematika terapan dan fisika teori, memainkan perang utama dalam penelitian kosmologi dan gravitasi," kata Professor Peter Haynes yang mengepalai jurusan.

Universitas telah membuat kebijakan bahwa pemegang posisi harus pensiun saat mencapai usia 67 tahun di akhir tahun akademik

BACA JUGA: Muslim Keturunan Maroko Jadi Walikota Wali Kota Rotterdam

Sementara Hawking akan mencapai usia itu pada 8 Januari tahun depan
Hawking sudah berada di posisi penting di universitas itu sejak 1979.

Hawking menjadi ilmuwan yang dikenal luas berkat teori Black Hole dan Nature of Time, bekerja di atas kursi roda akibat ganggguan syaraf.

Pada tahun 1988, bukunya yang berjudul "A Brief History of Time," merupakan international best-seller, yang diikuti dengan "A Briefer History of Time," pada 2005.(AFP/ara)

BACA JUGA: Baju Futuristik Merangkap Telepon

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lagi, Orang Dekat Bush Pilih Dukung Obama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler