Stok dan Kualitas Raskin Dipelototi

Minggu, 06 Juli 2014 – 14:34 WIB

jpnn.com - PANDEGLANG - Bulog diminta menjaga dan meningkatkan kualitas beras untuk rakyat miskin (Raskin) se-Banten. Stok beras yang ada di gudang Bulog Serang, dipastikan aman dan bagus.

Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Banten, akan monitoring langsung di gudang Bulog Sub Divre Pandeglang-Lebak.

BACA JUGA: Pencuri Hp Nyaris Tewas Digasak Massa

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pemprov Banten M Agus Tauhid mengatakan, pengawasan dan monitoring raskin dilakukannya bersama dengan tim Monev se-Banten. Dan Senin (7/7), pihaknya akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pihak terkait.

“Dalam rakor nanti, kami juga akan menghadirkan kepala Sub Divre Bulog se-Banten, dan akan dipimpin langsung oleh Plt Gubernur Banten,” kata Agus Tauhid, seperti dilansir Radar Tangerang, Sabtu (5/7).

BACA JUGA: Rafie dan Pasangan Telantar di Batam

Ditegaskannya, pihaknya sangat serius dan menaruh perhatian khusus soal raskin. Karena hal itu berkaitan langsung dengan hajat hidup orang banyak dan masyarakat umum.

Diakuinya, seluruh Kantor Ketahanan Pangan dimasing-masing Kabupaten/Kota sudah diingatkan dan ditegaskan juga agar melakukan monitoring.

BACA JUGA: Ditinggal Tarawih, 2 Rumah Ludes

Menurutnya, selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri 1435 H nanti, kebutuhan beras dipastikan akan meningkat.

Permintaan di pasar maupun di tingkatan rumah tangga, akan melonjak sekitar 20-30 persen. Dengan demikian, pihaknya akan melakukan antisipasi sejak dini.

"Dalam agenda kunjungannya ke Pandeglang, Plt Gubernur juga menyempatkan diri untuk mengunjungi pasar Pandeglang, meninjau stok barang dan harga sembako khususnya," tambahnya.

Dari kunjungan Plt Gubernur Banten Rano Karno dan tim, diketahui bahwa harga sejumlah barang dinilai masih stabil. Karena tidak semua barang naik harganya, ada yang naik, ada juga yang turun. Kenaikannya pun dianggap masih dalam batasan kewajaran.

"Untuk membantu masyarakat, ada atau tidaknya kenaikan dan lonjakan harga. Pemerintah tetap memprogramkan untuk operasi pasar (OP). Karena OP merupakan program rutin tahunan pemerintah," ungkap Rano Karno, Plt Gubernur Banten.

Terpisah, Kepala Bulog Sub Divre Pandeglang – Lebak Herman Sadik mengatakan, pihaknya menjamin stok raskin aman. Kualitasnya juga lebih baik dari sebelumnya.

Bahkan menurut Herman, pihaknya sudah mengajukan permohonan bantuan ke Bulog pusat, jika sewaktu-waktu terjadi kesulitan atau penambahan stok.

"Alhamdulillah, Bulog pusat siap membantu jika sewaktu-waktu kita membutuhkan tambahan. Berapapun jumlahnya, dan kami akan liat situasi dan kondisi," imbuhnya. (**)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kerugian Negara Telah Dikembalikan, 3 Tersangka Korupsi Sapi Tak Ditahan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler