Stoner-Lorenzo Mulus, Rossi Buruk

Rabu, 02 Februari 2011 – 12:30 WIB
SEPANG - Honda menunjukkan makin siap mengakhiri paceklik gelar di MotoGP musim depanBukti bahwa Honda punya kans besar untuk kembali menjadi juara tersaji di uji coba resmi perdana yang berlangsung di Sepang, Malaysia, kemarin (1/2)

BACA JUGA: Panpel SEAG Akui Promosi Masih Lemah

Para pembalap Honda seperti tanpa pesaing dalam tiga sesi uji coba tersebut.

Tak salah jika Honda menggantungkan harapan yang besar pada pembalap anyar mereka, Casey Stoner
Pembalap Australia itu tampil meyakinkan di akhir uji coba, untuk melengkapi dominasi para pembalap Honda

BACA JUGA: Timnas Bakal Jajal Pelita Jaya U-21

Secara ekseluruhan, dia mencetak waktu tercepat di sepanjang hari kemarin, dengan waktu lap terbaik 2 menit 1,574 detik.

Catatan waktu terbaik itu didapatkan Stoner saat menjalani akhir sesi ketiga
Dia mengungguli pembalap Yamaha sekaligus juara bertahan Jorge Lorenzo

BACA JUGA: Persipura Waspadai Amuk Maung

Pada akhirnya, Lorenzo tertinggal cukup hjauh dari catatan terbaik Stoner, yakni 0,403 detik.

Di uji coba perdana menjelang musim 2011 itu, Stoner masih memakai motor RC212V edisi 2010Setting motor pun masih sama dengan yang dicobanya pada tes post season 2010, di Valencia, November lalu.

"Hari yang sangat positifDi awal, butuh waktu ubntuk membiasakan diriTapi, dengan cepat saya merasa nyaman dan mendapatkan hari yang baik," kata Stoner pada Autosport.

Stoner mengakui, timnya tak banyak melakukan perubahan dengan setting di Valencia yang membuatnya meraih catatan waktu terbaikTerbukti, meski melahap sirkuit yang berbeda, RC212V makin memberikan ancaman bagi para rivalnya.

"Di dua hari berikutnya, kami akan mulai sesuatu yang baruApa pun itu, hari ini menjadi cara yang baik bagi saya untuk kembali ke lintasan setelah istirahat musim dingin," ujar Stoner.

Di posisi ketiga pada hari pertama ada pembalap Honda lainnya Dani Pedrosa yang musim lalu mendapatkan banyak kesulitan akibat cederaDi dua sesi sebelumnya, selalu menjadi yang tercepatDi sesi pertama, empat pembalap yang menunggang Honda, Pedrosa, dua pembalap Gresini Honda Marco Simoncelli dan Hiroshi Aoyama serta Andrea Dovizioso menguasai empat besar.

Yamaha berperan menjadi pengganggu utama bagi HondaSelain Lorenzo, pembalap anyar tim pabrikan Yamaha Ben Spies mampu memberikan ancamanPembalap Amerika Serikat (AS) yang sempat terjatuh di awal sesiMeski demikian, Spies sukses menjadi pembalap tercepat kedua di sesi kedua serta berada di urutan kelima pada sesi terakhir.

Catatan buruk uji coba perda justru harus didapatkan Valentino RossiJuara dunia tujuh kali di kelas premier yang musim ini hijrah dari Yamaha ke Ducati masih kesulitan dengan tunggangan barunyaDia juga belum bisa menunggang motor dengan maksimal karena sisa cederanya.

Hanya bisa menjalani 30 lap saja, dan absen di sesi kedua ujicoba hari ini, Rossi pada akhirnya hanya bisa menempati posisi 12 dalam ujicoba hari pertama di Sepang.

"Saya baik-baik saja, kecuali bahuSaya menjalani waktu pemulihan yang normalSetelah menjalani tes dengan Superbike, memang makin buruk karena saya kesakitanPastinya, saya belum 100 persen, tapi saya masih bisa mengendari motor," ujar Rossi pada Crash(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berlanjut, Polemik Persib ke LPI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler