Stoner Menang 0,015 Detik

Senin, 07 November 2011 – 07:36 WIB
Casey Stoner. Foto: MCNews.com.AU

VALENCIA - Balapan terakhir MotoGP musim 2011 jauh dari kata membosankanPertarungan sengit mewarnai akhir perburuan kemenangan di balapan yang juga menjadi lomba terakhir di era mesin 800cc itu, kemarin (6/11) WIB

BACA JUGA: Greg-Victor Ditinggal

Pembalap Repsol Honda Casey Stoner meraih kemenangan dengan selisih waktu yang amat tipis.

Stoner meraih kemenangan kesepuluhnya musim ini
Juara dunia yuang sudah memastikan gelarnya di MotoGP Australia, 16 Oktober itu, cuma unggul 0,015 detik

BACA JUGA: Main Lepas Saja

Dia terlibat persaingan sengit di akhir balapan dengan pembalap tim Yamaha Factory Racing Ben Spies.

"Saya mendapatkan langkah yang fantastis setelah tikungan terakhir
Maaf untuk Ben

BACA JUGA: Arema Segera TC di Pantai

Kami sangat bahagia bisa mengakhiri musim dengan cara seperti ini," ujar Stoner seperti dikutip Crash.

Gerimis menjelang akhir lomba meningkatkan tensi balapanStoner yang sebelumnya unggul dengan nyaman hingga 11 detik dari pembalap di posisi kedua tak mampu mempertahankan jarak keunggulannyaSebaliknya, Spies seperti makin lekat dengan lintasanSetelah melewati dua pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso, dia mendekati Stoner.

Tiga lap menjelang finis Spies mengambil alih pimpinanStoner yang sempat membuat kesalahan pun meningkatkan agresifitasnyaNamun, menjelang garis finis, kru Honda termasuk istri Stoner, Adriana, sudah siap menerima kekalahan.

Keunggulan mesin motor Honda RC212V nyata terlihat dalam penentuan kemenangan StonerMenjelang tikungan terakhir, dia masih tertinggal lebih dari 1 detikNamun, keluar dari tikungan terakhir, dia mulai menghapus ketertinggalannya.

Dari rekaman video bisa dilihat keunggulan Stoner yang amat tipisDia hanya unggul ban depanKru Honda yang tadinya sudah siap kalah pun ikut terkejut dengan hasil tersebut.

"Sepanjang akhir pekan sungguh tak bersahabatLintasan tak terlalu basah juga tak terlalu keringKondisinya sulit untuk dihadapi, itu berlanjut pada saat balapan," tambah Stoner.

Dovizioso yang tahun depan memperkuat Yamaha Tech 3, meraih posisi ketiga di balapan terakhirnya bersama Repsol HondaDia juga memastikan peringkat ketiga klasemen akhir pembalap di bawah Jorge Lorenzo (Yamaha Factory) yang kemarin absen.

"Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih pada tim dan Honda, karena mereka begitu baikSaya minta maaf karena harus pergi, tapi masa depan saya bersama Honda sekarang, Saya sangat senang dengan posisi ketiga, itu sangat penting bagi saya," tutur Dovizioso.

Posisi keempat balapan kemarin direbut pembalap Yamaha Tech 3 Cal CrutchlowHasil tersebut memberikan gelar Rookie of the Year pada pembalap asal Inggris ituSatu-satunya pesaing Crutchlow, Karel Abraham (Cardion Ducati) hanya finis kedelapan akibat menyenggol motor Crutchlow di lap terakhir.

Balapan kemarin sekaligus menjadi balapan terakhir bagi pembalap Italia Loris CapirossiPembalap yang memperkuat Pramac Ducati itu mengakhiri 22 tahun karirnya di grand prix balap motorCapirex, julukan Capirossi, mengakhiri karirnya dengan finis di urutan kesembilan.

Empat pembalap gagal finis di ValenciaMereka adalah duo Ducati Valentino Rossi dan Nicky Hayden, Alvaro Bautista (Rizla Suzuki) dan Randy de Puniet (Pramac Ducati)Mereka bahkan tak sampai masuk ke tikungan pertamaPenyebabnya, Bautista yang tergelincir menabrak motor tiga pembalap lain(ady)

Hasil MotoGP Valencia (30 lap)

1.  Casey Stoner, Repsol Honda          
 2.  Ben Spies , Yamaha Factory Racing          
 3.  Andrea Dovizioso, epsol Honda           
 4.  Cal Crutchlow,Yamaha Tech 3    
 5.  Dani Pedrosa, Repsol Honda           
 6.  Katsuyuki Nakasuga,Yamaha Factory Racing       
 7.  Josh Hayes,Yamaha Tech 3   
 8.  Karel Abraham,Cardion Ducati   
 9.  Loris Capirossi, Pramac Ducati   
10.  Toni Elias,LCR Honda        
11.  Hector Barbera,Aspar Ducati  
12.  Hiroshi Aoyama,Honda Gresini  

Klasemen akhir (10 besar)
1    Casey Stoner    350 poin
2    Jorge Lorenzo    260
3    Andrea Dovizioso    228
4    Dani Pedrosa    219
5    Ben Spies    176
6    Marco Simoncelli    139
7    Valentino Rossi    139
8    Nicky Hayden    132
9    Colin Edwards    109
10    Hiroshi Aoyama    98

BACA ARTIKEL LAINNYA... Titus Bonai Suka Bergaya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler