Striker Jepang Masih Mandul

Sabtu, 19 Juni 2010 – 07:39 WIB
GOL - Keisuke Honda (tengah) dan rekan-rekannya merayakan gol yang ia ciptakan saat melawan Kamerun, 14 Juni lalu. Foto: Mark Kolbe/Getty Images/FIFA.com.
DURBAN - Jepang memang sukses menekuk Kamerun 1-0 pada laga pertama grup E Piala Dunia 2010 Afrika SelatanNamun, itu bukan berarti masalah utama mereka sudah beres

BACA JUGA: Poulsen Masih Dihantui Gol Bunuh Diri

Tim berjuluk Samurai Biru itu belum mendapat sambutan positif, lantaran mandulnya para striker.

Faktanya, dalam lima pertandingan terakhir, hanya dua gol yang bisa dicetak Jepang
Sudah begitu, dua gol itu bukan diciptakan oleh penyerang Jepang, melainkan oleh bek tengah Marcus Tulio Tanaka, serta gelandang serang Keisuke Honda.

Tanaka mencetak gol tatkala Jepang kalah dari Inggris pada laga uji coba jelang Piala Dunia 2010

BACA JUGA: Oranje Masih Tanpa Robben

Sedangkan Honda, mencetak gol saat Jepang menang 1-0 atas Kamerun pada pertandingan pertama
Para striker Jepang sendiri masih mandul.

Kali terakhir striker Jepang mencetak gol, tercatat adalah pada pertandingan kualifikasi Piala Asia 2011 melawan Bahrain, pada 3 Maret lalu

BACA JUGA: Sanksi Cahill Hanya Satu Laga

Ketika itu, Shinji Okazaki mencetak gol pertama dan Jepang menang 2-0Gol lainnya dicetak oleh Honda.

Karena tumpulnya lini depan Jepang itulah, Okada lebih berharap kepada HondaMeski sejatinya Honda adalah gelandang serang, bukan seorang penyerangPemain CSKA Moskow tersebut akhirnya dimainkan sebagai striker dalam skema 4-3-3.

Ternyata, fakta bahwa para striker Jepang tumpul, membuat Shinji Okazaki gusarPenyerang Shimizu S-Pulse itu berambisi untuk mencetak gol pada Piala Dunia 2010 iniBahkan, dia mulai bicara soal persaingan untuk mencetak gol di lini depan Jepang.

"Keisuke hanya mendapat satu peluang dan dia membuat satu golItu bukti bahwa dia memang memiliki skill mencetak gol yang bagusSaya tak bisa melakukannya, padahal usia saya sama dengan dia," papar Okazaki, seperti dikutip AFP.

Karena itu, meski tidak akan mudah, Okazaki punya ambisi mencetak gol ketika Jepang berhadapan dengan Belanda"Saya tidak ingin pulang dari Piala Dunia tanpa mencetak satu gol punSaya harap bisa mencetak gol saat melawan Belanda," ujar pemain berusia 24 tahun itu.

Okazaki sendiri adalah sosok striker yang cukup produktif bagi JepangDia mampu mencetak 15 gol sepanjang tahun lalu, termasuk dua kali mencetak hat-trick saat Jepang menghajar Hongkong dan TogoBersama Jepang, dia telah mencetak 16 gol dari 29 laga.

Bila Okazaki dinilai kurang mantap, Okada pun sebenarnya masih memiliki opsi lain pada diri striker muda lainnya, yakni striker Catania, Takayuki MorimotoKekurangan Morimoto adalah dia belum memiliki jam terbang yang tinggi di level internasional(ham/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kamerun v Denmark: Forsir Kemenangan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler