Suasana Rumah Bisa Tentukan Keberhasilan Diet

Senin, 23 Desember 2013 – 17:01 WIB

jpnn.com - MUNGKIN anda heran karena terlihat tetap gemuk meski sudah berupaya diet dengan memilih asupan makanan sebaik mungkin, rajin menghitung kalori, atau bahkan setiap hari olahraga. Bisa jadi, suasana dan dekorasi rumah anda penyebabnya.

Hasil penelitian di Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa suasana bisa memberi andil pada program diet. Artinya, rumah bisa menjadi faktor penentu dalam program diet. Ingin tahu?

BACA JUGA: Menunda Kehamilan Hingga Usia 30 Tahun Beresiko Prematur

Berikut 8 cara menjadikan rumah sebagai bagian dari program diet anda;

1. Rajin buka tirai dan ciptakan suasana terang

BACA JUGA: Jadikan Lari Gaya Hidup Sehat

Peneliti di University of California, AS, mengatakan bahwa suasana ruangan yang gelap bisa meningkatkan nafsu makan. Sebab suasana remang-remang seringkali membuat anda menjadi kurang waspada terhadap kontrol rasa lapar. Oleh sebab itu, para peneliti menggambarkan kegelapan dalam ruangan sebagai lingkungan berisiko tinggi dan menganjurkan untuk selalu membuka jendela gar lebih terang.

2. Tempatkan jam di ruang makan

BACA JUGA: Kecanduan Gadget Bikin Hasrat Bercinta Menurun

Orang yang makan perlahan-lahan cenderung mengkonsumsi sekitar 70 kalori lebih sedikit dibandingkan mereka yang terburu-buru. Mulailah mengatur waktu makan dan sediakan waktu khusus lebih kurang 30 menit untuk setiap kali makan. Selain itu, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas lain sambil makan dan selalu makan dalam posisi duduk.

3. Buat ruangan menjadi sejuk

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Obesity Reviews menyebut bahwa suhu ruangan yang terlalu hangat cenderung membuat anda gemuk. Ini berbeda jika anda terkena paparan dingin sehingga membuat tubuh memproses panas sendiri yang bisa membantu membakar kalori.

4. Gunakan piring ukuran kecil setiap kali makan

"Piring dan mangkuk ukuran besar membuat anda lebih mudah gemuk karena secara tidak sadar anda akan mengisi makanan sesuai ukuran wadahnya'" kata psikolog dan penulis 'Mindless Eating: Why We Eat More Than We Think', Brian Wansink, seperti dilansir laman US News, Minggu (22/12).

Dalam penelitiannya, Wansink mengatakan, seseorang akan makan sekitar 22 persen lebih banyak bila menggunakan piring berdiameter 30 cm dibandingkan piring berdiameter 25 cm.

5. Atur posisi sayur dan buah di kulkas

Laporan studi Cornell University menjelaskan bahwa anda hampir 3 kali lebih mungkin untuk makan makanan sehat seperti sayur dan buah jika diletakkan dalam posisi yang mudah dilihat. Karenanya, aturlah sayuran, buah dan pilihan makanan bergizi lainnya di rak kulkas bagian atas agar terlihat. Sementara camilan seperti cokelat di bawah.

6. Mengecat dinding rumah dengan warna biru

Penelitian menunjukkan warna-warna cerah seperti merah dan kuning dapat meningkatkan nafsu makan. Dalam penelitian tersebut, orang-orang yang berada di ruangan berdinding biru makan makanan 33 persen lebih sedikit dibandingkan di ruangan berdinding kuning atau merah. Para peneliti berspekulasi bahwa warna hangat seperti merah dan kuning membuat makanan terlihat lebih menarik.

7. Batasi pemasangan cermin

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Health Psychology, wanita yang berolahraga di depan cermin akan merasa kurang berenergi dan lebih santai dibandingkan dengan mereka yang tidak bisa olahraga tidak di depan cermin. Batasi cermin hanya pada ruangan yang benar-benar membutuhkannya seperti kamar tidur.

8. Sebarkan aroma khusus

Penelitian menunjukkan bahwa aroma tertentu bisa membuat anda menjadi lebih langsing, seperti aroma melati, lavender, apel, dan peppermint. Aroma melati dapat meningkatkan kewaspadaan saat anda sedang ingin berolahraga.

Lavender membantu anda tidur lebih nyenyak, sementara kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Sedangkan aroma apel hijau atau peppermint diperkirakan bisa menekan nafsu makan.

Anda tertarik untuk mencobanya?(fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Susah Ereksi dan Mulai Botak? Waspadai Serangan Jantung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler